JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

Pendahuluan

Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) memiliki keunggulan dibandingkan ayam kampung lainnya yakni produksi telurnya yang tinggi berkisar antara 160 – 180 butir/tahun. Namun , naluri mengeram dari ayam KUB sudah rendah sehingga untuk mendapatkan bibit ayam KUB atau yang sering disebut DOC diperlukan penetasan menggunakan mesin tetas. 

Penetasan telur ayam merupakan hal yang diharapkan untuk berhasil oleh para peternak ayam kampung. Namun, sebelum memutuskan untuk menetaskan telur ayam kampung  ada beberapa ciri telur ayam terbaik untuk ditetaskan yang perlu dipahami terlebih dahulu seperti yang sudah pernah di publikasikan sebelum melalui website BPTP NTT (https://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-news/843-seleksi-telur-ayam-kub-untuk-penetasan) dan juga dalam bentuk video yang dapat dilihat melalui youtube BPTP NTT (https://www.youtube.com/watch?v=sumY9jzbyvU). Selain itu juga dapat didengar melalui Podcast OnikeLailogo Berbagi (https://anchor.fm/onike-lailogo4/episodes/Memilih-Telur-Tetas-Ayam-KUB-e156uao).

Nah, dari artikel, video dan podcast tersebut sudah disebutkan ciri-ciri telur ayam yang baik untuk ditetaskan, yakni: i) Berat Telur. Pastikan sebelum melakukan proses penetasan telur ayam perlu diketahui berat ideal telur. Berat normal bagi telur ayam KUB sekitar 35-50 gram setiap butirnya. Jika berat telur kurang dari itu atau lebih dari itu maka dikhawatirkan proses penetasan telur akan gagal. Oleh sebab itu, disarankan unutk menimbang terlebih dahulu telur ayam yang akan ditetaskan, ii) Bentuk Telur. Bentuk telur tidaklah bulat melainkan oval. Bentuk telur oval ini merupakan jenis yang ideal. Sebab, telur yang mendekati bentuk bola adalah telur yang tidak memiliki kualitas yang bagus karena sedikitnya ruang udara yang ada, iii) Keutuhan Kulit Telur. Tidak boleh ada kecacatan atau kelainan pada telur tetas yang akan ditetaskan. Kelainan dapat berupa retak pada permukaan atau cangkang yang lembek, cangkang telur yang tidak normal, kasar dan kulit telur tipis atau bagian kuning telur dobel, iv) Kualitas Kulit Telur. Seperti yang telah dibahas atas, telur yang baik adalah yang tidak memiliki keretakan di permukaan cangkangnya. Usahakan semua telur tetas yang hendak di tetaskan memiliki kesamaan warna dan kualitas., v) Warna Kulit Telur. Warna yang baik untuk telur tetas ayam KUB adalah cenderung terang.pilihlah telur yang warnanya agak gelap jangan yang berwarna putih terang. Terbukti, warna kulit telur yang lebih gelap bisa lebih cepat menetas jika dibanding dengan kulit telur yang berwarna lebih terang, iv) Kebersihan Kulit Telur. Kulit yang hendak ditetaskan hendaklah terbebas dari kotoran. Kotoran ini dikhawatirkan bisa mentransfer bakteri karena bisa menghambat perkembangan embrio atau juga dapat menggagalkan proses penetasan telur. Selain tampilan,  harus memperhatikan apakah ada kotoran yang menempel. Kotoran yang menempel di permukaan kulit juga harus dibersihkan memakai  disinfektan dengan tisu atau kanebo untuk menghindari terjangkitnya penyakit. Saat membersihkan kulit telur tidak boleh tisu atau kanebo terlalu basah karena akan mempengaruhi saat penetasan.

Cara Memilah Telur Dengan Sistem Candling

Sistem candling adalah cara paling sederhana untuk mengetahui telur ayam mana yang baik untuk ditetaskan. Sistem ini juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah embrio yang ada di telur masih berkembang atau tidak.  Cara melakukannya yaitu dengan menerangi bagian dalam telur sehingga dapat terlihat apa yang ada di dalam cangkang telur. Pencahayaan dapat dilakuan dengan lilin atau lampu listrik. Semakin terang sinarnya maka semakin bagus, utamanya jika dilakukan di tempat yang sangat gelap. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda juga bisa membeli perangkat candling telur khusus yang dijual di toko pertanian. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan candling, antara lain: 1) Siapkan semua alat yang diperlukan, 2) Letakkan ujung telur yang lebih besar menghadap cahaya, 3) Setiap usai mengecek  tandai telur tersebut, catat nomor dan karakteristik telur yang anda temukan, iv) Telur tidak boleh terlalu lama berada di luar inkubator sehingga pengerjaan candling haruslah cepat namun juga tidak melupakan prinsip kehati-kehatian. Telur yang subur dan bagus memiliki ciri-ciri seperti terdapat jaringan pembuluh darah yang tersebar, terlihat mata embrio yang merupakan titik tergelap, serta ada kemungkinan embrio terlihat bergerak.  Sedangkan telur yang tidak cocok untuk ditetaskan adalah telur yang terdapat perkembangan bercak darah atau lapisan darah di dalam telur serta munculnya cincin darah yang terlihat seperti lingakaran merah di bagian dalam cangkah.

Subcategories