JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Budidaya Aneka Sayur di Kabupaten Malaka Menjadi Materi Bimtek di Kelompok tani Kamus Tamiru Desa Umatoos

BPTP NTT telah melaksanakan Bimbingan Teknis aneka sayur di kelompok tani Kamus Tamiru, Desa Umatoos, Kabupaten Malaka pada hari Kamis, tanggal 23 september 2021.

Bimbingan Teknis yang bertujuan memberikan dorongan dan semangat kepada petani milenial, juga mencetak petani muda yang handal serius serta semangat dalam bertani Budidaya aneka sayur. Demikian disampaikan oleh Dr. Ben de Rosari Peneliti BPTP NTT. Menurut Dr. Ben, jika ingin bertani bertanilah yang  serius jangan setengah-setengah dan ajaklah pemuda-pemuda milenial mempromosikan karena Malaka tanahnya subur dan menghasilkan.

Contoh yang sudah dijalankan oleh pemilik lahan tanaman aneka sayur Carolus KLau nama kelompok tani Kamus Tamiru diketuai oleh Roby Klau di Desa Umatoos dengan menggunakan cara moderen untuk menyiram aneka sayur yaitu dengan cara irigasi tetes hasilnya nyata dan memuaskan.

Bimbingan Teknis ini merupakan kegiatan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Badan Litbang Kementerian Pertanian Khususnya untuk wilayah perbatasan, dimana menjadi salah satu kegiatan Prioritas BPTP dalam rangka mewujudkan Nawacita Presiden Jokowi.

Salah satu kendala bagi pengusaha aneka sayur adalah pemasaran sehingga Dr. Ben menyarankan untuk petani tidak bermain sendiri tetapi harus membentuk Asosiasi petani sayur Malaka. Kelompok tani Kamus Tamiru berjumlah 25 orang.

Hadir dalam kegiatan ini Kabid Tanaman Pangan (Ludovikus Asa) Kepala SMA 17 Agustus Rabis (Paul Edmundus Klau), PT Singenta (Apsamso Kase) Kepala Desa Kakaniuk (Petronela Luruk) penyuluh yang bertugas di desa Umatoos dan wartawan.

Kegiatan diawali dengan doa bersama, kegiatan ini kami tetap menjalankan aturan pemerintah sehingga kami tetap mengikuti protocol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak serta kami juga menyediakan air dan sabun untuk mencuci tangan. Salam Perbatasan,Halena Doga, Ben de Rosari.