Ayam KUB dan Hijauan Pakan Ternak Dalam Bimtek BPTP NTT

Hits: 188

Wujudkan dukungan terhadap program Kementerian Pertanian dalam kegiatan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di NTT, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur (BPTP NTT) melakukan Bimtek budidaya ayam KUB dan Hijauan Pakan Ternak mendukung kegiatan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di NTT. Kegiatan dilakukan pada tanggal 14-18 September 2021 pada kelompoktani mbubafi desa Meoain Kecamatan Rote Barat Daya dan poktan hikmad desa Keoen, Kecamatan Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao Pada kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Kadis Peternakan Kab.Rote Ndao yang diwakili oleh Kabid Produksi Ternak (Sherly Y. Roen S.Pt) ; Kepala BPTP NTT yang diwakili oleh Dr.Ir. Sophia Ratnawati, M.Si, dan Tim dari BPTP NTT, Sekretaris Desa Meoain, serta 40 orang petani peserta Bimtek dari 2 desa (Meoain dan Keoen). Bimtek diawali dengan penyerahan bantuan dari BPTP NTT kepada Poktan mbubafi dan hikmad dilokasi dan pada waktu yang berbeda berupa ayam KUB, pakan ayam KUB, tempat pakan dan minum, paket obat, benih lamtoro taramba dan bibit rumput odoth.

Sambutan dari Dr. Sophia Ratnawati yang mewakili Kepala BPTP NTT Pentingnya memelihara ayam KUB ini agar bisa dikembangkan dengan baik untuk memenuhi gizi keluarga dan membantu ekonomi keluarga dalam kelompok, benih maupun bibit HMT dapat ditanam sehingga tersedia pakan ternak untuk melengkapi pakan yang tersedia dilokasi. Bantuan ayam KUB masing-masing kelompok sebanyak 150 ekor, pakan ayam 5 karung, tempat pakan dan minum 1 paket dan abat-obatan 1 paket, benih lamtoro taramba 10 kg dan bibit rumput odoth. Semua bantuan ini agar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok.

Dilanjutkan dengan sambutan yang mewakili Kadis Peternakan Kabupaten Rote Ndao (Sherly Y. Roen S.Pt), menyampaikan terimakasih kepada BPTP NTT yang sudah memprogramkan kegiatan Bimtek ini sehingga petani memahami dan dapat pemeliharaan ternak ayam KUB dengan baik, dan menanam HMT melengkapi pakan yang tersedia dilokasi dan untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi ternak sapi., sekaligus membuka acara Bimtek. Materi yang disampaikan pada Bimtek meliputi: Perkandangan, manajemen pemeliharaan ayam KUB, manajemen pakan, manajemen reproduksi, manajemen penetasan, manajemen kesehatan ternak dan analisis ekonomi pemeliharaan ayam KUB. Jenis-jenis pakan ternak sapi (rumput dan legume), budidaya leguminosa pohon.

Sebagai narasunber adalah Dr. Ir. Sophia Ratnawati,M.Si, Ir. Ati Rubianti, M.Si dan Ir. Medo Kote, M.Si. Poktan Mbubafi memiliki kebun HMT seluas 2 ha yang sudah ditanami rumput odoth, dan siap untuk memperluas kebunnya dengan menanam tanaman HMT (lamtoro taramba) karena memiliki sumber air (cekdam) begitu juga pada poktan hikmad memiliki kebun HMT yang didalamnya sudah memiliki tanaman lamtoro dan rumput odoth yang jumlahnya masih terbatas dan akan meperluas kebunnya dengan menambah tanam hijauan pakan ternak karena memiliki sumber air disekitas lokasi kebun HMT. Kegiatan Bimtek diakhiri dengan sesi diskusi, para peserta bimtek sangat antusias tanya jawab seputar ayam KUB dan hijauan pakan ternak sapi. kemudian foto bersama peserta bimtek. (AR/SP/ MK).