JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Nira Sorgum Di Adonara Barat

Tanaman sorgum (Sorghum  bicolor L. Moench) merupakan tanaman potensial karena  selain sebagai bahan baku pangan juga sebagai sumber energi. Keunggulan lain tanaman sorgum ini dapat tumbuh pada lahan kering marginal dimana tanaman pangan lainnya tidak mampu tumbuh dengan baik dan siklus tanaman lebih pendek dari tebu (± 100 hari).

Flores Timur adalah salah satu Kabupaten di NTT yang cocok untuk ditanami sorgum. Melihat potensi luas lahan dan produksi sorgum yang tinggi. BPTP NTT mendiseminasikan teknologi pengolahan batang sorgum menjadi nira. Pada demo pembuatan nira sorgum, 8 batang sorgum menghasilkan 1 liter nira sorgum namun banyaknya nira tergantung besar batang sorgum. Nira sorgum dapat menambah pendapatan ekonomi jika dijual dalam bentuk nira atau gula sorgum. Pada kesempatan ini, petani sangat antusias dan mengharapkan adanya pendampingan teknologi pembuatan nira dan gula sorgum. (NK)