JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Penyerahan simbolis benih padi VUB khusus dan padi spesifik lokasi kepada ketua poktan “Nekmese” bapak Osias untuk kegiatan demfarm pengembangan di Kab.TTS

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangan)  Kementerian Pertanian melalui melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah menghasilkan dan melepas berbagai Varietas unggul Baru (VUB) padi yang umum dengan kecenderungan untuk meningkatkan produksi dan juga sudah melepas beberapa varietas unggul baru padi khusus dan padi fungsional antara lain  padi biifortifikasi Inpari IR-Nutrizinc, padi berpigmen (pamera,arumba,pamelen,jeliteng dan Inpari 24), dan VUB spesifik lainnya, namun padi VUB tersebut masih belum berkembang dimasyarakat kecuali inpari IR Nutrizinc karena sudah digunakan dalam program pemerintah.

Untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan kepada masyarakat, maka masih sangat perlu dilakukan melalui kegiatan demplot VUB disertai teknologi pendukung sesuai agroekosistem.Upaya diseminasi benih padi unggul Balitbangtan perlu dilakukan dengan masif dan dalam skala yang luas sehingga benih nggul trsebut dapat diadopsi oleh petani terutama penangkar benih, dan juga makin dikenal oleh masyarakat luas.

Bertempat di “kelompok tani P3A Nekmese” desa Oebobo kecamatan Batu Putih kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), selasa 6 Juli 2021 dilakukan penyerahan benih padi VUB khusus Inpari IR Nutrizinc dan Inpari 24, serta Padi VUB spesifik lokasi Inpari 42,Inpari 43 dan Situbagendit sebanyak 400 kg, penyerahan secara simbolis oleh Penanggungjawab kegiatan Demfarm padi VUB khusus dan padi VUB spesifik di Timor Ir.Adriana Bire,M.Sc diterima lansung oleh ketua kelompoktani Nekmese bapak Osias Talan disaksikan langsung oleh KJf.Distan TPH Bun kabupaten TTS ibu Ani Sidabungke, koordinator BPP Batu Putih bapak Marthen Roko Moru,SE, dan penyuluh se WKBPP Batu Putih, Kepala Dusun, sektertaris Desa Oebobo, Penyuluh & petugas BPTP NTT, serta petani kooperator demfarm padi.

Dikatakan oleh Penanggungjawab kegiatan demfarm untuk wilayah Timor, Kabupaten TTS dan Belu bahwa Penyerahan benih saat ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen  yang telah dibangun bersama antara BPTP Balitbangtan NTT dengan kelompoktani nekmese ketika pelaksanaan BIMTEK pagi petani pada 8 Juni 2021 lalu, oleh karena itu petani kooperator di himbau untuk segera melakukan action dilapangan terutama pengolahan lahan kedua yang dilanjutkan dengan persemaian benih sesuai petunjuk yang diberikan oleh para pakar pada saat sosialisasi, pertemuan dikelompok tani,  maupun ketika pelaksanaan bimtek waktu lalu.

Lebih lanjut diharapkan melalui penyerahan benih padi  ini sebagai motivasi kepada petani untuk mengimplentasikan teknologi yang sudah diterima melalui bimtek dilahan sawah masing-masing sesuai VUB yang di butuhkan.

Usai penyerahan secara simbolis dilanjutkan dengan melihat langsung kondisi pengolahan lahan tahap I yang sudah 100 % selesai. 

#Semangat ya...petaniqu..#Salam Inovasi#Pertanian maju-mandiridan moderen# (Adriana Bire, Agustina K.Hewe)