BPTP NTT melaksanakan kegiatan CPCL hilirisasi inovasi dan budidaya ternak sapi, ayam KUB Balitbangtan di NTT

Hits: 382

Selasa 29 Juli – 1 Juni  2021  melaksanakan CPCL kegiatan  hilirisasi  Inovasi dan teknologi budidaya sapi dan ayam KUB Balitbangtan di kabupaten Rote Ndao. Tim CPCL melakuka koordinasi dan berdiskusi dengan Kadis Peternakan Kabupaten Rote Ndao (Hermanus Haning, S.Pt) yang didampingi oleh Kabid Produksi Ternak (Sherly Y. Roen S.Pt) tentang maksud dan tujuan kedatangan tim peneliti/penyyuluh dari BPTP Balitbangtan NTT.

Dalam diskusinya  Kadisnak Rote Ndao mengarahkan tim kepada kelompok tani/ternak yang respond terhadap kegiatan yang dimaksud. Tim bersama Kabid Produksi Ternak Rote Ndao kelokasi desa Keoen Kecamatan Pantai Baru, Tim melakukan pertemuan dan diskusi dengan anggota kelompok tani hikmah untuk menyampaikan maksud kedatangan tim dan Ketua bersama anggota menerima dengan baik tentang kegiatan yang dimaksud.

Poktan hikmah memiliki anggota 22 orang dengan kegiatan usaha ternak, memiliki kandang kelompok (ada kandang jepit dan bank pakan), kebun HMT.(lamtoro taramba dan rumput odoth dalam jumlah sedikit), kandang ayam namun perlu diperbaiki dan tersedia pakan lokal jagung dan dedak.

Kemudian tim menuju lokasi untuk  melihat secara dekat kondisi kandang dan kebun HMT layak tidaknya.menerima kegiatan yang dimaksud. Setelah itu baru tim melanjutkan perjalanan menuju desa Meoain Kecamatan Rote Barat Daya pertemuan dengan poktan Mbebafi, poktan ini sudah memiliki kebun HMT (rumput odoth) dengan luas 2 ha dan tersedia embun sebagai sumber air untuk menyiram pakan ternak, dengan hal yang sama tim melakukan pertemuan dan berdiskusi dengan anggota poktan dalam kesepakatan ketua bersama anggota kelompok menerima kegiatan yang dimaksud.

Kelompok tani bersedia membuat kandang ayam dengan kontribusi bahan lokal yang tersedia dilokasi dan  bahan-bahan yang tidak tersedia dilokasi dibantu oleh BPTP NTT. Poktan perlu  bantuan benih/bibit HMT leguminosa dengan mengintroduksi (lamtoro taramba)

Hari berikut tim bersama petugas Dinas melakukan pertemuan dengan ketua poktan untuk bersepakat waktu tentang persediaan bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan kandang dan pengolahan lahan untuk penanaman bibit HMT.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (Bimtek) tentang manajemen pemeliharaan ternak sapi, pola penanaman HMT dan manajemen pemeliharaan ayam KUB yang rencananya  akan diadakan pada minggu kedua atau ketiga bulan Juli 2021.

Sebelum kegiatan bimtek dilaksanakan kesepakatan antara tim peneliti/penyuluh dengan kelompok tani untuk memastikan  kandang ayam sudah selesai dibuat sehingga pada saat ternak ayam sampai dilokasi sudah bisa menempati kandang dan ayam merasa nyaman pada tempatnya. Salam Inovasi (AR dan MK)