JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT Dukung Hilirisasi Teknologi Inovasi Balitbangtan Melalui Pengembangan Ayam KUB dan Sapi di Kabupaten Kupang

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur (BPTP NTT) mendukung kegiatan hilirisasi inovasi teknologi Balitbangtan dengan pendampingan dan pengembangan pemeliharaan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dan sapi kepada petani peternak di NTT. Tim BPTP NTT yang dikoordinir oleh Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, beserta tim anggota Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc, dan M.Kasim Rumbory melakukan kegiatan awal yaitu, menentukan calon petani dan calon lokasi (CPCL) dengan koordinasi dengan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang yang diwakili oleh Kabid. Produksi dan Perbibitan Ternak, Gresius P.I Millu, S.Pt. Setelah koordinasi, tim BPTP NTT bersama tim Dinas Peternakan Kab. Kupang melanjutkan kunjungan lapangan ke lokasi petani.

Kunjungan lapangan untuk pengembangan sapi di kelompok tani Karya Buana dan Mitra Karya, Desa Tuatuka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Kelompok ini diketuai Bapak Madi beranggotakan 20 orang, merupakan kelompok tani yang membudidayakan ternak sapi sebanyak 80%. Pemeliharaan ternak sapi dengan sistem ikat pindah, tanpa kandang. Ternak memperoleh pakan dengan digembalakan mengandalkan rumput liar dan hasil limbah padi (jerami). Hal ini menjadi permasalahan utama, karena ternak kekurangan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Peran BPTP NTT akan membantu dalam teknologi benih pakan ternak dan petani akan menyiapkan lahan untuk pakan. Kelebihan kelompok ini, peternak sudah menggunakan metode Inseminasi Buatan (IB) untuk kawin sapi, hasil IB nya sudah mencapai 50 - 70%. Salah satu hasil IB bibit unggul yang sudah lahir yaitu pedet sapi Wagyu.

Kunjungan untuk pengembangan ayam di kelompok tani Nekmese, Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Kelompok ini berdiri sejak tahun 2014, diketuai oleh Ibu Marta, beranggotakan 10 orang. Kelompok ini mempunyai kandang dan sudah pernah memelihara ayam, tapi akibat terkena serangan virus maka ternak banyak yang mati. Peran BPTP NTT akan membantu dalam bibit Day Old Chick (DOC) ayam KUB dan pendampingan sampai ayam KUB berkembang.

Kunjungan berikutnya ke kelompok ternak hasil binaan BPTP NTT di Kabupaten Kupang, yaitu poktan Fajar Pagi Raknamo dan poktan Panmuti Noelbaki. Poktan Fajar Pagi Raknamo ini sudah berhasil mengembangkan sapi dan ayam KUB dari hasil Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jumlah anggota 20 orang yang diajukan, dan 5 orang sudah menerima dana KUR. Dengan dana KUR, petani dapat membeli sapi untuk digemukkan selama 3-6 bulan, kemudian hasil penjualan digunakan untuk membeli sapi lagi dan untuk mencukupi kebutuhan harian, serta anak sekolah.  Sedangkan poktan Panmuti Noelbaki sudah berhasil mengembangkan ayam KUB dengan menetaskan telur sampai menghasilkan DOC dengan mesin tetas sederhana yang dirakit sendiri dan menjual telur konsumsi dari beternak ayam KUB.

Harapannya, kegiatan hilirisasi ini akan meningkatkan nilai tambah komoditas peternakan dan membuka peluang skala bisnis ekonomi untuk memberi peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. (Sophia Ratnawaty/ Yan Achadri)