BPTP NTT melaksanakan kegiatan CPCL  hilirisasi dan inovasi Balitbangtan di NTT

Hits: 214

Kamis 24 – 27 Juni  2021  melaksanakan CPCL kegiatan  hilirisasi  dan inovasi Balitbangtan di NTT sapi  dan ayam KUB di kabupaten TTU dan Kabupaten Malaka. Terlaksananya kegiatan CPCL hilirisasi dan Inovasi sapi dan ayam KUB.  Tim CPCL melakukan  koordinasi dan berdiskusi dengan ketua poktan dan anggota  Nektoneopala di desa Kiuola Kecamatan Noemuti tentang maksud dan tujuan kedatangan tim peneliti dari BPTP Balitbangtan NTT. 

Poktan Nektoneopala memiliki anggota kelompok sebanyak 20 orang dengan kegiatan usaha tani ternak dan memiliki kebun HMT seluas 2-4 ha yang sudah ditanami (lamtoro taramba)  seluas 2 ha dan rencana pengembangannya menjadi 4 ha, memiliki sumber air dan pompa bantuan dari Pemda TTU.

Dan tim peneliti menetapkan lokasi dan poktan ini yang dapat menerima kegiatan yang dimaksud. Hari berikut menyerahkan bibit rumput odoth dan melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui secara dekat kebun HMT dan kondisi kandang ternak sapi. Tim peneliti melanjutkan perjalanan menuju Kabupetan Malaka. berkoordinasi dengan Kabid Peternakan  di Kabupaten Malaka tentang kegiatan yang akan dilaksanakan,  hasil koordinasi dengan Ibu Kabid Peternakan diarahkan ke poktan Intan Permai di Desa Leunklot Kecamatan Weliman, kelompok intan permai merupakan salah satu  poktan yang mendapat bantuan ternak betina produktif pada tahun 2011-2012 dan memiliki kebun HMT (lamtoro tarramba ) seluas 8 ha.

Serta disampaikan oleh Ibu Kabid Bidang Peternakan bahwa dalam tahun 2021 ini poktan akan mendapat bantuan kandang sapi komunal secara permanen dari Gubernur NTT yang disampaikan pada saat panen pedet beberapa waktu yang lalu.

Penyerahan bibit rumput odoth di poktan Intan Permai sekaligus melihat lokasi kebun yang akan ditanami rumput odoth seluas kurang lebih 1-2 ha. Hasil diskusi dengan Poktan Intan Permai,  kegiatan akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis manajemen pemeliharaan ternak sapi dan pola penanaman HMT yang akan diadakan pada awal bulan Juli 2021. Sebelum kegiatan bimtek dilaksanakan perjanjian antara tim peneliti dengan poktan pastikan kandang individu untuk ternak jantan sudah dibuat dan siap digunakan oleh ternak.  Salam Inovasi  (AR, MK, SR dan DB)