JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT selenggarakan Bimtek Budidaya Padi di Manggarai Barat

Pada tanggal 23-24 Juni 2021 BPTP NTT telah melaksanakan Bimtek Budidaya Padi Sawah di Manggarai Barat. Bimtek ini merupakan bagian dari kegiatan Denfarm Pengembangan VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Manggarai Barat. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pelatihan teknis terkait budidaya padi sawah yang baik kepada petani kooperator sekaligus untuk mendukung keberhasilan kegiatan.

Bimtek yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu di desa Nggorang Kecamatan Komodo pada 23 Juni 2021 dan pada hari berikutnya 24 Juni 2021 di Desa Wae Mata Kecamatan Sananggoang Kabupaten Manggarai Barat. Secara keseluruhan ada 50 orang petani yang menjadi peserta pada bimtek ini. Peserta bimtek berasal dari tiga kelompok tani, yaitu Handel, Wae Mose, dan Wae Mata. Bimtek juga dihadiri oleh koordinator dan penyuluh dari masing-masing BPK pada setiap lokasi, yaitu BPK Komodo dan BPK Sananggoang.

Bimtek ini merupakan pelaksanaan bimtek kedua pada kegiatan Denfarm Pengembangan VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Manggarai Barat. Bimtek ini merupakan kelanjutan dari bimtek pertama yang membahas persemaian, peraiapan lahan hinga penanaman yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Pada Bimtek kali ini, BPTP NTT secara khusus menyampaikan materi terkait teknis pemeliharaan tanaman sampai pasca panen.

Selain itu, disampaikan pula materi-materi lainnya yang mendukung pelaksanaan kegiatan. Terkait dengan kebijakan daerah mendukung pengembangan tanaman pangan khususnya padi disampaikan oleh Kasie Tanaman Pangan Bapak Liventinus Amur, STP dari Dinas Pertanian Mangggarai Barat. Pengendalian OPT baik hama, penyakit, maupun gulma disampaikan oleh Pengamat OPT Bapak Vitalis Anselmus Syukur, SP. Kebijakan dan teknis perbenihan untuk mendukung mandiri benih disampaikan oleh Pengawas Benih Bapak Pius Vitalis Musakar, SP.

Setelah penyampaian materi dilaksanakan pengamatan hama bersama-sama dengan petani. Hasil pengamatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pengendalian oleh petani yang didampingi Pengamat OPT Kabupaten Manggarai Barat. Petani sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini karena menambah wawasan petani terkait teknis budidaya yang baik (AS)