JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

PENYULUH TIDAK BOLEH KALAH PINTAR DARI PETANI

Hal ini disampaikan oleh Assiten I Setda Kabupaten Rote Ndao (Ir. Untung Hartijo) dalam sambutan Pembukaan Temu Teknis Hilirisasi Inovasi Teknologi Baliitbangtan yang dilaksanakan di Hotel Videsy, Ba’a, Kabupaten Rote-Ndao pada hari Rabu, 16 Juni 2021.

Selanjutnya, Untung memberikan apresisasi kepada BPTP-Balitbanngtan-NTT yang telah menginisiasi pelaksanaan Temu Teknis tersebut sebagai bukti kepedulian Balitbangtan bagi pembangunan pertanian di Kabupaten Rote Ndao melalui inovasi teknologi spesifik lokasinya.  Oleh karena itu, menutup sambutannya, Untung memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar tetap semangat dan tidak boleh kendor sehingga petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian tetap mendapatkan dukungan inovasi teknologi untuk perbaikan usahataninya.

Sebelum acara dibuka dengan resmi, kegiatan diawali dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Penanggung Jawab Kegiatan (Ir. Onike T. Lailogo, M.Si., Ph.D).  Hal penting lainnya adalah  Kepala BPTP-Balitbangtan-NTT (Dr. Procula R. Matitaputty, S.Pt, M.Si) dalam sambutannya  mengatakan bahwa sumbangsih pikiran sangat penting dalam mendukung proses pembangunan pertanian.  Selanjutnya, Procula mengatakan bahwa kegiatan Temu Teknis dirasakah lebih efektif bila dilakukan di Kabupaten sehingga dapat melibatkan banyak penyuluh, guru pertanian, babinsa dan unsur Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Kabupaten Rote-Ndao dibandingkan dengan bila kegiatan dilaksanakan di provinsi yang hanya akan melibatkan sangat terbatas peserta dari kabupaten terlebih dengan adanya keterbatasan dana yang ada. Sehingga dengan hadirnya semua unsur pengguna antara tersebut maka proses transfer teknologi dapat berjalan dengan baik dan teknologi tesampaikan kepada pengguna akhir yang adalah petani peternak.

Hadir dalam kegiatan Temu Teknis tersebut 50 orang peserta yang berasal dari berbagai unsur yakni Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao beserta dua orang staf, Kepala Bidang Pangan, Kepala Bidang Hortikultura dan Sarana Prasarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Rote-Ndao, Penyuluh-penyuluh dari BPP-BPP di Kabupaten Rote Ndao, Babinsa dari 4 Kabupaten, dan Guru Pertanian SMK N 1 Lobalain.

Adapun materi dan narasumber  dalam kegiatan Temu Teknis Hilirisasi Inovasi Teknologi Balitbangtan tersebut adalah: i) Penerapan Teknologi Budidaya Ternak Sapi, Pengembangan Hijauan Pakan, Pengawetan Pakan, dan Teknologi Budidaya Ternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) oleh Prof. Dr. Jacob Nulik (Peneliti Peternakan BPTP-Balitbangtan) NTT, ii) Penerapan Teknologi Budidaya Padi, jagung, Bawang Merah dan Cabai oleh Ir. Irianus Rejeki Rohi, M.Si (Penyuluh Pertanian yang juga adalah Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian/KSPP BPTP-Balitangtan-NTT). Sebelum pemaparan materi dilakukan evaluasi Pre-test melalui aplikasi Evaluasi Google Form.

Kegiatan berlansung sejak pukul 09.30. hingga pukul 17.00 dan ditutup secara resmi oleh Kepala BPTP-Balitbangtan-NTT) yang sebelum penutupan dilakukan evaluasi Post Test dan Evaluasi Respon peserta terhadap pelaksanaan Temu Teknis melalui aplikasi google form, yang mana Evaluasi Respon di-link-kan dengan Sertifikat peserta Temu Teknis.

Salam Inovasi (Onike Lailogo)