JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

BPTP NTT Mendorong  Poktan Jemaat Elim Naibonat; Budidaya Aneka Sayur

Pada Hari Jumat tangal 11 Juni 2021 bertempat di BPP Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang,  BPTP NTT melakukan Kegiatan Pendampingan Inovasi dalam Pengembangan Kawasan  Pertanian di Perbatasan melakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Budidaya Aneka sayur  pada  dua  kelompok tani yakni kelompok tani  Trisakti dan kelompok tani  Sinar Timur yang terhimpun sebagai jemaat Gereja Elim Naibonat. Hadir pada acara tersebut yakni Kordinator PPL selaku kepala BPP, PPL  Kecamatan Kupang Timur, Pendeta dan sekretaris Gereja Elim Naiboant dan kedua anggota kelompok tani  dengan jumlah peserta 30 orang.

Pelaksanaan  Bimbingan Teknis pada kedua kelompok tani dengan materi budidaya aneka sayur yang lebih fokus pada teknik pengendalian hama dan penyakit aneka sayur seperti; kubis, terong, sawi, kangkung dan komoditas lainnya yang disampaiakan oleh Nara sumber; 1. Emanuel Mau Buti, SST  tentang gambaran umum budidaya aneka sayur dan perkenalkan varietas unggul aneka sayur Badan Litbang Pertanian, 2. Rafael Dos Santos, SST tentang teknik budidaya aneka sayur, 3. Sofia Ndoen, S,Pt tentang Dinamika Kelompok tani.

Dinamika kegiatan pelaksanaan bimbingan teknis berjalan dengan baik dan terjalin komonikasi dua arah dimana anggota kelompok tani sangat antusias menikmati jalannya kegiatan tersebut.

Setelah kegiatan Bimbingan teknis dilanjutkan dengan penyerahan benih sayur berupa benih sawi dan benih bayam yang merupakan benih komposit hasil produk BPTP NTT oleh Ibu Agustina K. Hewe, SST kepada perwakilan dari kedua kelompok tani yang diwakili oleh Bpk Pendeta Daud Tari, S.Th. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke salah satu lokasi kelompok tani yakni kelompok tani Trisakti untuk melakukan penanaman benih kangkung secara simbolis sekaligus penutupan kegiatan bimbingan teknis.

Rencana kegiatan selanjutnya tim kegiatan perbatasan dari BPTP NTT bersama tim Penyuluh dari BPP Kecamatan Kupang Timur akan melakukan pendampingan kepada kedua kelompok tani dalam rangka pengawasan proses persemaian dan penanaman benih di lokasi kegiatan (Rafael Dos Santos, Emanuel Mau Buti dan Agustina K. Hewe)