Bimtek Budidaya Dan Pengendalian Hama Penyakit Aneka Sayur Di Konga, Flores Timur

Hits: 229

Hilirisasi teknologi merupakan upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian dan peluang untuk ekspor dengan nilai jual yang lebih tinggi. Oleh karena itu, hilirisasi teknologi diharapkan dapat menjadi jalan keluar bagi permasalahan petani dalam budidaya  tanaman.

Permasalahan utama petani di Larantuka, Flores Timur adalah teknik budidaya yang masih konvensional dan rendahnya pengetahuan tentang pengendalian hama dan penyakit aneka sayur. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan BIMTEK sebagai solusi untuk permasalahan yang dialami oleh petani di Larantuka. Tema Bimtek yang dilaksanakan adalah “BUDIDAYA DAN PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT ANEKA SAYUR” yang dilaksanakan di BPP  Konga, Flores Timur (9/6/2021).

Bimtek dihadiri oleh lima kelompok tani yakni kelompok tani Wainipa, Lombok Merah, Gaya Tani, Nusa Raya dan Dirilalong, Kepala Bidang Hortikultura dan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur Yohanes Anjong dan Kepala Seksi Hortikultura Andreas Keban, SP.  Sebagai Narasumber dari BPTP NTT Dr. Bernard deRosari menjelaskan materi tentang Pengenalan VUB Aneka Sayur, Kristina Lako, S.ST. menjelaskan materi tentang Budidaya Aneka Sayur dan Pembuatan Biochar, dan Noldy R.E Kotta, SP., M.Sc. menjelaskan tentang Pengenalan Hama dan Penyakit serta pengendaliannya dan Pembuatan Pestisida Nabati. (NK)