JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

Bimbingan Teknis (Bimtek) Di Perbatasan; Petani Antusias

Pada Hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 bertempat di BPP Haekesak Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, kembali Tim BPTP NTT Kegiatan Pendampingan Inovasi dalam Pengembangan Kawasan  Pertanian di Perbatasan melakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Budidaya Aneka sayur  dengan anggota kelompok tani “Fatukadi”, dihadiri oleh Kordinator PPL selaku kepala BPP, PPL  sekecamatan Raihat  dan anggota kelompoktani  Fatukadi, dengan jumlah peserta 30 orang, selanjutnya

Pada tanggal 5 juni 2021 melakukan Bimbingan teknis dikelompok tani “Berdikari dan Karya Maju” Desa Kamanasa, Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka yang dihadiri oleh Kasubdin bidang Hortikultura, Kordinator Penyuluh dan PPL serta anggota kelompok tani  dengan jumlah peserta 30 0rang.

Pelaksanaan bimtek budidaya aneka sayur  di 2 lokasi kabupaten Belu dan Malaka, ini dengan materi budidaya aneka sayur, yang lebih difokuskan pada Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman Aneka sayuran ( Tomat , Cabe, Sawi, kangkung, paria, kacang panjang dan buncis) yang disampaikan oleh Nara sumber Dr. Bernard de Rosari selaku penanggungjawab kegiatan. Dinamika dalam pelaksanaan bimbingan teknis berjalan dengan baik dan terjalin komunikasi dua arah.

Bimbingan teknis dilanjutkan kunjungan lokasi di masing-masing poktan baik di kabupaten Belu maupun Malaka oleh Tim BPTP NTT pada Kegiatan Pendampingan Inovasi dalam Pengembangan Kawasan  Pertanian di Perbatasan.

Benih komoditas eksisting yang sudah dikembangkan oleh angota kelompok tani adalah tomat, mentimun, paria, kacang panjang buncis, sawi putih, caisim,  bayam dan beberapa jenis sayur lainnya. Yang menjadi kendala petani belum melakukan perbenihan sayur secara mandiri, diharapkan dari kegiatan ini petani dapat memproduksi benih  aneka sayur.

Selanjutnya penyerahan benih sayur di 2 lokasi Kabupaten Belu dan Malaka oleh Bapak Dr Benard deRosari kepada ketua kelompoktani Fatukadi Desa Tohe Kecamatan Raihat Kabupaten Belu dan  kelompoktani  Berdikari serta Karya Maju Desa Kamanasa Kecamatan Malaka Tengah. Benih sayur  tersebut adalah  cabe merah besar, cabe keriting, sawi,  merupakan produk  Badanlitbang.

Rencana kegiatan selanjutnya tim kegiatan perbatasan bersama Petugas lapangan (PPL)  melakukan  pendampingan  pembuatan Biochar, pestisida nabati dan pupuk cair, di lokasi kegiatan  (Dominika Menge dan Emanuel Mau Buti)