JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

Menteri PPN/Kepala Bappenas Menabur 5 VUB Padi Badan Litbang di Food Estate Sumba Tengah

Anakalang (4/6),  Menteri PPN/Kepala Bappenas Munarso Monoarfa, menabur 5 varietas ungggul baru Badan Litbang Pertanian, dalam kunjungan kerjanya ke Lokasi Program Food Estate Sumba Tengah (FEST) di desa Umbu Pabal Selatan, kecamatan Katikutana, hari ini (4/6).

Ini kali pertama Menteri PPN/Bappenas berkunjung ke FEST. Kunjungan kerja ini yang juga bersama Gubernur NTT Victor Laiskodat, tidak hanya di Sumba Tengah tetapi juga ke Sumba Timur.

Kelima VUB ini adalah Var. INPARI IR nutri zinc, Pamerah, Inpago 12, Situbagendit dan Siliwangi, yang merupakan bagian dari kegiatanDenfarm oleh BPTP NTT dalam mengambil perannya dalam program food estate ini.

Untuk diketahui bahwa FEST adalah satu dari lima lokasi food estate yang ada di Indonesia, dan juga merupakan satu dari 41 major project dalam sistem perencanaan nasional. Ini berarti bahwa pertama kali NTT mendapatkan program besar pertanian yang  disentuh dan  dipantau langsing oleh tangan presiden.

FEST ini dimulai oktober 2019, seluas 5000 ha, jagung dan padi, serta dukungan tiga komoditas lainnya yaitu Jeruk Siam dataran rendah, Kelapa Genjah dan ternak itik.

Panen padi pertama FEST ini, dilakukan oleh Gubernur Victor Laiskodat 26 April lalu, bagian dari 3000 ha padi di kawasan ini.
Kunjungan kerja menteri Manohara kali ini difokuskan peluang mengeksplore  potensi air serta berkunjung ke kawasan lahan persawahan di desa Makata Keri, kecamatan Katikutana Selatan.