JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Tim Demfarm BPTP NTT Distribusikan Saprodi Dan Pantau Kesiapan Pengolahan Lahan Sawah Di Kabupaten Sumba Tengah

Tim Demfarm Pengembangan VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Kabupaten Sumba Tengah yang terdiri dari Ir. Made Ratnada, MP, Yeremias Bombo, SP dan Suwandi Dedy Gaos belum lama ini, tanggal 18 Mei 2021 s.d. 21 Mei 2021, telah melaksanakan distribusi beberapa saprodi yang dibutuhkan dalam kegiatan dan pemantauan kesiapan pengolahan lahan sawah di 5 lokasi di Kabupaten Sumba Tengah.

Kegiatan ini menyusul penentuan CPCL kegiatan demfarm tersebut yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 s.d. 19 Maret 2021 dengan hasil 5 lokasi menjadi lokus kegiatan demfarm beserta petani kooperatornya.   

Lima lokasi dimaksud adalah 1. Desa Anakalang Kecamatan Katikutana; 2. Desa Malinjak Kecamatan Katikutana Selatan; 3. Desa Umbu Pabal Selatan Kecamatan Ratu Nggay Barat; 4. Desa Waimanu Kecamatan Katikutana Selatan; 5. Desa Pondok Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat.

Beberapa saprodi yang didistribusikan meliputi benih VUB Padi Khusus terdiri dari Inpari IR Nutri Zinc dan Pamera; VUB Padi Spesifik Lokasi terdiri dari Siliwangi Agritan, Inpago 12 dan Situbagendit, sebagian besar merupakan benih pokok berlabel ungu; herbisida pra dan purna tumbuh "Serendy"; pupuk Urea; pupuk NPK Plus.

Sebagian besar petani peserta Demfarm masih dalam proses panen padi. Diperkirakan pada awal bulan Juni semua petani sudah mulai melakukan pengolahan lahan sawahnya untuk kegiatan Demfarm.

Diskusi koordinatif dilakukan dengan kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah untuk menyampaikan kegiatan distribusi saprodi dan pemantauan kesiapan pengolahan lahan sawah dimaksud. Beliau berterima kasih atas hadirnya BPTP NTT di Sumba Tengah untuk memberikan inovasi baru kepada petani. Tim demfarm diharapkan dapat bersama-sama penyuluh yang bertugas di masing-masing lokasi memberikan pendampingan penerapan inovasi VUB padi khusus dan VUB padi spesifik lokasi dengan sebaik-baiknya. (Made R.)