JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Semangat Kelompok Tani Millennial Untuk Menerapkan Inovasi Teknologi Budidaya Aneka Sayur Dan Pola Pemeliharaan Ternak Sapi Di Kabupaten TTU

Pada tanggal 27 Mei 2021 tim dari BPTP NTT melalui kegiatan Inovasi Perbatasan melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten TTU untuk melakukan kegiatan CPCL di Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU melakukan survey lokasi dan petani dalam rangka penetapan calon lokasi dan calon petani sebagai penerima manfaat dari kegiatan budidaya aneka sayur dan pola pemeliharaan ternak sapi melaului penerapan berbagai inovasi teknologi. Dalam kegiatan survey itu terdapat 2 kelompok tani dimana kelompok  tani Hidup Bersaudara berjumlah 20 orang dengan luas lahan 1 ha untuk budi daya aneka sayur dan Kelompok Pemuda tani Sarikat Oeliurai berjumlah 20 orang pemeliharaan ternak sapi sebanyak 10 ekor.

Dalam pertemuan dengan kedua kelompok tani tersebut dihadiri oleh tim dari BPTP Balitbangtan NTT dan dari Dinas Pertanian Kabupaten TTU yang diwakili oleh Sekretaris Dinas. Pada petermuan tersebut tim melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi dan permasalahan yang dihadapi dari kedua anggota kelompok tani masing-masing dimana permasalaan dari kelompok tani  budi daya aneka sayur tersebut  bahwa selama ini belum adanya sentuhan inovasi teknologi seperti; penggunaan benih unggul, pengolahan lahan, penataan tanaman, penggunaan pemupukan berimbang, dan pengendalian OPT sedangkan permasalaan yang dihadipi oleh kelompok tani peternak sapi selama ini belum ada sentuhan inovasi teknologi seperti; sistim pola pemeliharaan dan penanganan kesehatan ternak sapi.

Setelah melakukan diskusi dengan kedua kelompok tani tersebut tim langsung melakukan indentifikasi ke lokasi kedua kelompok tani masing-masing dimana kelompok tani budi daya aneka sayur memiliki lahan seluas 1 ha, ada sumber air hidup sepanjang tahun cukup untuk mengairi budi daya aneka sayur, dan kelompok tani pemelihara ternak sapi memilki sapi sebanyak 10 ekor dan kebun pakan (lamtoro taramba) seluas 0,5 ha.

Harapan dari kedua tim baik dari BPTP NTT melalui kegiatan Inovasi Perbatasan dan Dinas Pertanian Kabupaten TTU akan bekerja sama untuk membantu mendiseminasikan inovasi teknologi demi peningkatan kesejahteraan petani. (RD dan AK)