BPTP NTT Dorong Peningkatan Produksi Padi Sawah Melalui Hilirisasi Inovasi Teknologi Di Rote Ndao

Hits: 205

Penguatan riset dan inovasi teknologi pertanian melalui hilirisasi inovasi menjadi salah satu kegiatan pendukung dalam strategi pembangunan pertanian. Seperti halnya yang selama ini telah dilakukan oleh BPTP NTT yakni kegiatan diseminasi inovasi teknologi diharapkan agar kegiatan hilirisasi teknologi dan inovasi dapat menyentuh masyarakat sehingga menjadi bermanfaat.

 

Pada tanggal 20 Mei 2021, telah dilakukan CPCL di Desa Oetutulu, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao. Dimana telah ditentukan Kelompok Tani Setia Makmur sebagai kelompok tani penerima manfaat hilirisasi teknologi dan inovasi pertanian komoditas padi sawah seluas 5 Ha. Anggota kelompok berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil pemantauan dilahan tersebut terdapat sumber mata air sehingga akan mampu mencukupi kebutuhan air di MT 2.

 

Teknologi yang akan diterapkan mulai dari persiapan lahan hingga panen dan pasca panen. Berdasarkan identifikasi masalah dilapangan, petani setempat masih menggunakan benih turun temurun dengan sistem bertani tradisional sehingga hilirisasi teknologi dan inovasi pertanian adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejateraan petani. Output yang diharapkan adanya perubahan pola tanam, pengendalian HPT, cara pemupukan, cara panen dan perlakuan pasca panen serta adanya peningkatan produksi padi sawah dan nilai ekonomi setelah kegiatan berakhir. (NK)