JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

Bimtek Persiapan Lahan Perbenihan Bawang Putih Dan Penguatan Kelompok Bagi Kelompok Nekafmese Mutis

BPTP NTT telah melaksanakan bimbingan teknis Persiapan Lahan dan Penguatan Kelompok di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Bimtek dilaksanakan pada 20 Mei 2010 di Kelompok Nekafmese Mutis yang berlokasi di Desa Nenas Kecamatan Fatumnasi Kabupaten TTS. Kelompok ini merupakan kelompok kooperator kegiatan Perbenihan Bawang Putih BPTP NTT. Bimtek ini sangat penting karena Kecamatan Fatumnasi terutama Desa Nenas didominasi oleh Petani Hortikultura dengan Bawang Putih sebagai salah satu komoditas unggulannya.

Bimtek ini diikuti oleh 30 orang petani baik pengurus maupun anggota kelompok tani. Pada pelaksanaan bimtek ini hadir juga penyuluh dari BPK Kec. Fatumnasi, serta Tenaga Ahli dari Komisi IV DPR RI di Kabupaten TTS Bapak Ang Tampani.

Pada persiapan lahan disampaikan materi tentang persiapan bedeng yang meliputi olah tanah sempurna, ukuran bedeng, dan pemberian bahan organik. Olah tanah sempurna dimaksudkan untuk memperbaiki struktur tanah sehingga diperoleh tanah gembur dengan kondisi aerase dan drainase tanah yang baik. Ukuran bedeng dibuat selebar 120 cm, tinggi 20 cm, dengan ukuran parit antar bedeng sekitar 30 cm. Parit antar bedeng dibuat cukup lebar untuk mempermudah akses dalam perawatan tanaman. Bahan organik ditabur pada permukaan bedeng dan dicampur secara merata. Bahan organik berperan memperbaiki kesuburan tanah sehingga dapat mendukung pertumbuhan bawang putih.

Pada penguatan kelompok, ditemukan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti pembenahan pembukuan kelompok, pembuatan rencana kerja kelompok, pertemuan kelompok belum dilakukan secara rutin, serta kas kelompok yang belum ada. BPTP NTT dan penyuluh Kec. Fatumnasi akan mendampingi kelompok Nekafmese Mutis melakukan upaya perbaikan-perbaikan sehingga akan semakin memperkuat kelembagaan kelompok.

Diharapkan dengan pelaksanaan Bimtek ini, maka pelaksanaan kegiatan Perbenihan Bawang Putih di Kab. TTS dapat terlaksana dengan baik sehingga target hasil yang ditetapkan dapat dicapai (Tim Perbenihan BPTPNTT).