Bimtek Persiapan Lahan Dan Penguatan Kelompok Bagi Kelompok Kooperator Perbenihan Padi Di Kabupaten Kupang

Hits: 186

BPTP NTT telah melaksanakan bimbingan teknis Persiapan Lahan dan Penguatan Kelompok bagi kelompok-kelompok tani kooperator Kegiatan Perbenihan Padi di Kabupaten Kupang. Bimtek dilaksanakan selama 2 (Dua) hari pada 17-18 Mei 2010 di Kelompok Pinehas 1 dan Pinehas 2 Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.

Secara keseluruhan Bimtek diikuti oleh 60 orang petani yang merupakan pengurus dan anggota kelompok tani kooperator. Pada setiap pelaksanaan bimtek juga didampingi oleh penyuluh-penyuluh yang berada di Kecamatan Takari, serta Tenaga Ahli dari Komisi IV DPR RI di Kabupaten Kupang, yaitu Bapak Alen Dukabain.

Pada persiapan lahan padi disampaikan materi tentang kegiatan perbaikan saluran air, perbaikan dan penguatan pematang, olah tanah 1 (bajak), olah tanah 2 (pelumpuran), dan persemaian yang meliputi persiapan benih, lahan persemaian, sampai pada penaburan benih, dan perawatan bibit di persemaian.

Namun demikian sebelum kegiatan persiapan lahan terdapat kegiatan penting yang perlu diperhatikan petani, yaitu penyiapan saprodi seperti benih dan pupuk. Kegiatan ini penting karena sering terjadi kelangkaan saprodi pada setiap awal musim tanam. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka benih yang digunakan merupakan benih unggul dan berlabel dan pupuk yang disiapkan harus sesuai dengan dosis rekomendasi. Penyiapan pupuk penting dilakukan agar tidak mengganggu proses budidaya seperti pemupukan tepat waktu dan tepat dosis sehingga diperoleh hasil yang optimal.

Pada penguatan kelompok, hal-hal yang perlu diperhatikan seperti pembenahan pembukuan kelompok. Pada umumnya setiap kelompok telah memiliki buku yang lengkap, namun belum digunakan secara baik. Ditemukan juga belum adanya rencana kerja kelompok dan pertemuan kelompok belum dilakukan secara rutin. Serta kelompok belum memiliki kas kelompok yang dikumpulkan dengan iuran rutin. Kas kelompok sangat penting karena dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi kelompok secara cepat, tanpa harus menunggu pengumpulan dana dari masing-masing anggota kelompok yang sering memerlukan waktu yang cukup lama. Perbaikan beberapa hal diatas akan memperkuat kelembagaan kelompok.

Diharapkan dengan pelaksanaan Bimtek ini, maka pelaksanaan kegiatan Perbenihan Padi di Kab. Kupang dapat terlaksana dengan baik (Tim Perbenihan BPTPNTT).