BPTP NTT Selenggarakan Bimtek Budidaya Padi Bagi Petani Pelaksana Kegiatan Demfarm VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Manggarai Barat

Hits: 212

Kegiatan diawali koordinasi tim kegiatan demfarm VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Manggarai Barat  dengan kepala bidang (Blasius Apen,SP) dan Kasie Produksi Tanaman Pangan (Liven Amur, S.TP). Dalam koordinasi, disampaikan kegiatan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan Demfarm bersama petani/kelompok tani antara lain : 1) pengadaan dan distribusi sarana produksi pertanian (benih, pupuk, pestisida dan sarana lainya), 2) pelaksanaan Bimbingan Teknis anjuran teknologi budidaya padi.

Kegiatan Demfarm VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Manggarai Barat dilaksanakan di 3 kelompok tani di Kab.Manggarai Barat yaitu KT. Handel Desa Compang Longgo, Kec.Komodo (15 Ha), KT. Wae Mose, Desa Nggorang,Kec.Komodo (5 Ha) dan Kelompok tani Wae Mata,Desa Nampar Macing Kec.Sano Nggoang. (5 Ha).

Pelaksanaaan bimbingan teknis anjuran teknologi budidaya padi difokuskan pada materi anjuran teknologi pada fase vegetatif.  Bimbingan teknis dilaksanakan pada hari Kamis 20 Mei 2021 di kelompok tani Handel, peserta terdiri dari : 1) semua anggota  pelaksana kegiatan (32 orang) KT Handel Desa Compang Longgo,Kec.Komodo 2) perwakilan anggota pelaksana KT. Wae Mose, Desa Nggorang,Kec.Komodo, 3) PPL desa Compang Longgo, 4) PPL desa Nggorang, 5) kepala desa Compang Longgo. Dinamika dalam pelaksanaan bimbingan teknis, berjalan dengan baik dan terjalin komunikasi dua arah.

Sedangkan untuk pelaksanaaan bimbingan teknis di kelompok tani Wae Mata – Nampar Macing dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Mei 2021 dengan materi  anjuran teknologi budidaya padi difokuskan pada materi anjuran teknologi pada fase vegetatif.  Peserta dalam bimbingan teknis di kelompok tani Wae mata – Nampar Macing, terdiri dari : 1) semua anggota  pelaksana kegiatan (24 orang), 2) PPL desa Nampar macing, 3) Pemuka Masyarakat Dusun Pusut – Nampar macing. adapun Narasumber kegiatan Bimbingan Teknis  yang diselenggarakan di ketiga kelompok tani pelaksana  adalah Ir.Irianus R Rohi,M.Si dan Dwi Purmanto,SST.

Sebagai Informasi  Benih padi (empat varietas) : 1) Inpari IR Nutrizinc (Label Ungu), 2) Inpari 32 (Label Ungu), 3) Inpari 42 GSR (Label Ungu), 4) Inpari 48 Blast (Label Biru) dengan jumlah tiap varietas sebanyak 125 kg dan total kebutuhan benih sebanyak 625 kg untuk 25 hektar, pada minggu kedua bulan April 2021 telah didistribusikan kepada kelompok pelaksana, Sedangkan pupuk anorganik non subsidi sebanyak 10 ton (5 ton pupuk NPK Phonska dan 5 ton pupuk Urea), pestisida sebagai komponen pendukung PHT dan 5 unit hand sprayer telah diserahkan kepada semua kelompok tani pelaksana kegiatan secara proporsional di sela acara kegiatan Bimtek.

Rencana kegiatan selanjutnya, koordinasi dan pendampingan kegiatan antara BPTP NTT, petugas (PPL) dan petani, selalu dilakukan dan disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan kegiatan dengan waktu pelaksanaannya. (Dwi Purmanto)