JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

 

BPTP NTT MELAKSANAKAN PANEN PAKAN DI IP2TP LILI

Bertempat di IP2TP Lili, BPTP NTT melaksanakan panen hijauan pakan  (Selasa, 4 Mei 2021). Prof. Jacob Nulik sebagai peneliti nutrisi pakan menjelaskan tentang kandungan protein pada rumput odot yakni 12 %. Keunggulannya memiliki biomasa yang tinggi, namun untuk kebutuhan protein sapi 14 % sehingga harus dicampur dengan lamtoro taramba yang memiliki nilai protein 12 % protein.

 

Sebagai informasi, saat ini IP2TP Lili mengembangkan beberapa jenis pakan ternak diantaranya rumput odot (Pennisetum purpureum), lamtoro taramba (Leucaena leucocephala), kembang telang (Clitoria ternatea), sorgum (Sorghum bicolor L Moench), legum cover crop dan gamal (Gliricidia sepium)

 

Acara dihadiri oleh Kepala BBP2TP (Dr. Fahruddin Munir, M.Sc), Kepala BPTP NTT (Dr. Procula R Matitaputty, M.Sc), Tim Ahli dari Anggota DPR RI Komisi IV ( Yohanis Fransiskus Lema, S.IP., M.Si), Komisi II DPRD Propinsi NTT, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Prop NTT yang diwakili Kabid Horti, Ka. BBPP Noelbaki yang diwakili oleh Koordinator Program, Kepala Karatina Kelas I Kupang dan staf, Kepala BPSB, Kepala SMK PP Lili yang diwakili okeh Wakil Kepala sekolah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Panagn Kab. Kupang yang diwakili oleh Kabid Hortikultura.

 

Setelah pemanenan hijauan pakan ternak, dilanjutkan dengan mengunjungi kandang individu dan komunal. Kepala IP2TP Lili juga memperkenalkan teknologi pengolahan hijauan pakan melalui demonstrasi mesin pencacah atau Chopper  dan penggunaan alat Hay press untuk pemanfaatan by product tanaman padi (jerami), serta penambahan pakan dengan probiotik untuk kecernaan dan mengurangi bau pada kotoran sapi.

 

Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD NTT bahwa teknologi ini sangat bagus untuk dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat NTT. Dengan harapan kualitas pakan dan bobot ternak meningkat sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat petani peternak di NTT.

 

Pada akhir acara, Komisi II DPRD NTT memberikan apresiasi kepada BPTP NTT yang telah menjadi sumber inovasi dan teknologi bagi masyarakat NTT. Diharapkan bagi Instansi terkait dapat menimbah ilmu di BPTP NTT. (Noldi Kota-Dwi Purmanto)