JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT Ikuti Workshop Diseminasi Paten

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT mengikuti Workshop Promosi dan Diseminasi Paten yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara workshop ini bertempat di Aula Hotel T-More – Kupang selama 1 (satu) hari (29 April 2021), dihadiri oleh 50 peserta dari beberapa instansi yang terdiri atas dosen, peneliti, penyuluh, pegawai, dan pengusaha. Perwakilan yang hadir dari BPTP NTT yaitu Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, Ir. Yohanes Leki Seran, M.Si, Ir. Adriana Bire, M.Sc, Alfonso Sitorus S.P, M.Agr, dan Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc.

Dalam pembukaan acara, Ketua Panitia, Dra. Dientje E. Bule Logo, M.Si memberikan sambutan dan menjelaskan Paten menurut UU Paten No.13 Tahun 2016 adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Dilanjutkan acara pembukaan resmi oleh Drs. Garnadi, M.Si, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham NTT.

Penjelasan materi yang menarik dari 3 (tiga) narasumber yaitu tentang Hak Kekayaan Intelektual dijelaskan oleh Dr. drh. Annytha Detha, M.Si, materi Pendaftaran Paten disampaikan oleh Stephanie V.Y Kano, SH, MH, dan materi Sistem Pelindungan Paten-Pasca Pendaftaran Paten oleh Ika Ahyani Kurniawati, SH, LL.M. Antusiasme peserta dalam mengikuti workshop sangat tinggi, hal ini dibuktikan peran aktif peserta pada sesi diskusi dan tanya jawab.

Dari hasil kegiatan workshop diseminasi paten ini harapannya adalah BPTP NTT sebagai institusi yang bergerak dalam bidang pengkajian dapat memahami definisi paten, proses pengajuan paten, sistem pelindungan paten, serta termotivasi untuk mendaftarkan karya inovasi pertanian dalam bentuk paten, karena dengan paten maka karya inovasi kita dilindungi oleh negara, dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi negara. (Adriana Bire/ Yan Achadri).