JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Panen Padi Varietas Situbagendit dan Inpari IR Nutri Zinc pada display BPTP NTT

Pada hari Kamis, 15 April 2021 BPTP NTT telah melaksanakan panen padi perdana di tahun 2021. Lokasi panen bertempat di Lahan Visitor Plot yang berada di halaman kantor BPTP NTT. Panen dimulai dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Kepala Balai Dr. Procula R. Matitaputty, S.Pt, M.Sc bersama-sama dengan Sub Koordinator KSPP Ir. Irianus R. Rohi, M.Si. Pada kesempatan ini dilakukan panen seluas 1 Ha.

Panen kali ini merupakan hasil pertanaman Musim Tanam I yang penanamannya dilakukan pada 26 Desember 2020 yang lalu. Pada panen kali ini ada 2 varietas padi yang dipanen, yaitu Situbagendit dan Inpari IR Nutri Zinc. Padi Inpari IR Nutri Zinc merupakan padi biofortifikasi dengan kandungan Zn tinggi untuk mengatasi stunting.

Lahan Visitor Plot merupakan lahan yang difungsikan sebagai display inovasi teknologi hasil-hasil penelitian. Adapun teknologi yang diterapkan pada pertanaman ini diantaranya: penggunaan Varietas Unggul Baru (VUB), benih bermutu (berlabel), bibit <21 hari, jarak tanam jajar legowo 2:1, pengendalian OPT, panen saat masak fisiologis, serta pasca panen dengan pengeringan sampai kadar air 14%.

Penanggung jawab kegiatan Emanuel Mau Buti, S.ST mengatakan penerapan inovasi teknologi sangat penting untuk mendukung peningkatan produktivitas padi. Emanuel menambahkan berdasarkan ubinan diperoleh hasil GKG sebesar 5,3 ton/Ha untuk Situbagendit dan 5,5 ton/Ha untuk inpari IR Nutri Zinc.(AS)