JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT Mendukung Pengembangan Jahe Lokal Di Kabupaten Ngada

Tim Sumber Daya Genetik (SDG) Balai Pengkajian Teknologi Nusa Tenggara Timur (BPTP NTT) Ir. Evert Y Hosang., M.Si., Ph.D. dan Noldy R.E Kotta., M.Sc. menghadiri undangan rapat di ruang kerja Bupati Ngada bersama Kepala Dinas Pertanian kabupaten Ngada dan jajarannya serta Rektor Institut Pertanian Kabupaten Ngada. 

Rapat  dipimpin langsung oleh Bupati Ngada Paru Andreas, SH., MH., pada tanggal 9 April 2021 membahas tentang target kegiatan pengembangan Jahe lokal seluas 500 Ha, Pendaftaran varietas lokal Jahe Gajah, Jahe Emprit, Jahe Merah, Terong Belanda, Porang, Lengkuas, Kunyit dan  Pemurnian kacang merah.

“Saya ingin pengembangan pertanian berasal dari varietas lokal yang ada di Kabupaten Ngada” terang Bupati Ngada saat menjelaskan tentang target pengembangan varietas lokal di Kabupaten Ngada. “ Oleh karena itu, Saya berharap petunjuk secara teknis tahapan pengembangan kepada Dr. Evert” lanjutnya. Dr.Evert telah menjelaskan tentang prosedur pengembangan, harus dimulai dengan pendaftaran di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Selanjutnya, Tim bersama rekan-rekan dari Dinas Pertanian Kabupaten Ngada melakukan karakterisasi Jahe Merah  yang telah ditanam seluas 7 ha di Desa Radabata Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jahe Merah lokal ini telah ada sejak tahun 1970an di Kabupaten Ngada. Dari hasil karakterisasi bobot rimpang umur 6 bulan  90 gram dengan warna merah pada pangkal tunas sangat jelas. Umur panen 8-12 bulan. (NK)