JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Bimtek Food Estate NTT Dimulai

BPTP NTT mewujudkan dukungannya terhadap Program Nasional Food Estate di Sumba Tengah (FEST) ditandai dengan melakukan Bimtek Budidaya Jagung.

Bimtek dilaksanakan di Zona V FEST tepatnya di Desa Tana Modu, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Sumba Tengah pada Hari Selasa (30/3).

Peserta Bimtek berasal dari 20 kelompok tani jagung sebanyak 100 orang petani Desa Tana Modu. Bimtek dibagi dua kelas, yaitu 50 petani bertempat di kantor Kepala Desa Tana Modu, dan 50 petani lainnya di Dusun II, Desa Tana Modu.

Bimtek dihadiri Kepala BPTP NTT, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Tengah dengan beberapa Kabid, PPL, Kepala Desa Tana Modu dan aparat Desa Tana Modu. Sebagai narasumber dari BPTP NTT yaitu Dr. Procula Rudlof Matitaputty, Dr. Bernard deRosari, Dr. Evert Hosang, dan Yeremias Bombo, SP. Hadir pula 4 tenaga detashare FEST dari BPTP NTT.

Bimtek diawali dengan pemberian materi budidaya sampai panen dan pasca panen jagung, dan dilanjutkan dengan diskusi.  Kepala Dinas Pertanian Sumba Tengah berharap agar Bimtek tidak saja dilakukan di Zona V tapi juga dilakukan pada Zona FEST lainnya.

Untuk diketahui, tahun 2021 ini akan ada dua kegiatan dari BPTP NTT yang fokus pada FEST yaitu Demfarm Pengembangan VUB padi khusus dan VUB padi spesifik lokasi, dan Demfarm Inovasi Teknologi Pendampingan Food Estate NTT sebagai upaya Pemberdayaan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian. Selain membangun Demfarm sebagai display inovasi teknologi dari Badan Litbang Pertanian Kementan, juga melakukan Bimtek dan pendampingan teknologi. (BdR).