JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP-BALITBANGAN- NTT Selenggarakan Zoom Meeeting BPTP NTT Berbagi#01 (Transformasi Hasil Pengkajian Menjadi Karya Tulis Ilmiah Bagi Penyuluh Pertanian)

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu butir kegiatan utama bagi penyuluh pertanian, namun dalam pelaksanaannya masih banyak kendala yang dihadapi oleh penyuluh pertanian bagaimana menuangkan hasil kegiatan di lapangan (kaji terap, demonstrasi, atau kegiatan lainnya)  menjadi sebuah karya tulis yang dapat dibaca oleh banyak kalangan khususnya pemerhati pembangunan pertanian.

Atas dasar itu maka telah diinisiasi sebuah kegiatan zoom meeting dengan icon BPTP NTT BERBAGI yang mana untuk penyampaian pengetahuan dan pengalaman berkaitan dengan Transformasi Hasil Pengkajian Menjadi Karya Tulis Ilmiah Bagi Penyuluh Pertanian merupakan kegiatan pertama di Tahun 2021 dari 15 seri yang sudah direncanakan. Oleh karenanya, kegiatan ini dinamakan BPTP NTT BERBAGAI#01 atau Seri01.

Suatu penghargaan yang setinggin-tingginya bagi Bapak Dr. Oswal Marbun (Penyuluh Pertanian Utama BPTP Jawa Barat yang juga adalah Anggota Tim Penilai AK Bagi Penyuluh Balitbangtan) atas ilmu, pengetahuan dan pengalamannya yang sudah dibagikan bagi seluruh peserta zoom meeting tersebut yang berjumlah kurang lebih 283  orang yang berasal dari penyuluh pertanian Provinsi NTT, Penyuluh Pertanian dari kota dan kabupaten yang ada di NTT, penyuluh pertanian dari berbagai provinsi di Indonesia yakni kurang lebih 25 provinsi. Selain itu pula hadir para peneliti dan teknisi/litkayasa BPTP-Balitbangtan-NTT.

Selain melalui zoom meeting kegiatan juga disiarkan secara langsung melalui chanel youtube BPTP NTT dengan jumlah partisipan 149 orang

Penghargaan yang sama juga bagi Kepala BPTP-Balitbangtan-NTT (Dr. Procula Rudlof Matitaputty, S.Pt, M.Si) untuk kepercayaan yang diberikan kepada kami sebagai staf dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan tersebut, juga atas arahan yang disampaikan pada saat membuka kegiatan pada pukul 09.30 Wita dan pada acara penutupan kegiatan tersebut pada pukul 12.30 Wita.

Dengan adanya kegiatan tersebut, sangat diharapkan bahwa materi yang sudah disampaikan oleh narasumber dapat membantu penyuluh-penyuluh pertanian dalam mengatasi kendala yang dihadapi selama ini. Tentunya kami sangat-sangat menghargai semangat yang ditunjukkan oleh semua peserta yang mengikuti kegiatan sampai akhir kegiatan.  Semangat peserta juga terlihat saat diskusi yang terus dipimpin oleh Ir. Irianus R. Rohi, M.Si selaku moderator kegiatan  (Sub Koordinator KSPP-BPTP NTT). Hal ini terlihat dari  banyaknya komentar dan pertanyaan yang ditujukan kepada nara sumber baik yang raise hand maupun lewat chat room) yang membuat kegiatan harus ada penambahan waktu dari pukul 12.00 Wita yang sedia ditutup saat itu tapi berdasarkan konsultasi dengan narasumber menjadi 12.30 Wita. Dan dari keseluruhan komentar dan pertanyaan tidak satupun yang terlewatkan untuk direspond balik oleh narasumber.

Kiranya apa yang sudah dibagikan melalui Zoom Meeting BPTP NTT Berbagi#01 bermanfaat bagi semua partisipan sehingga dapat menghasilkan Karya Tulis Ilmiah yang dapat dinikmati oleh banyak kalangan.

Indahnya berbagi...........Tetap semangat para penyuluh pertanian.

Salam Inovasi (Onike, Ir, Kristin L, Dwi, Alfons)

Materi zoom meeting dapat diakses melalui link: https://youtu.be/yWb-gmu5i_8

Sedangkan bagi yang belum dapat mengakses materi dan sertifikat dapat mengunjungi link berikut: https://drive.google.com/file/d/13uY4Am4DAbYAM9Z9v62jDBXSLjI3X2Le/view?usp=sharing  dan  https://drive.google.com/drive/folders/1HlpdM6zxEKJTEKZZEMbbtMdwFWoM1ErD?usp=sharing