JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Ka BB Bersama Ka. BPTP NTT Panen Simbolis Padi IR Nutri Zinc di Poktan Sandio.

Hari ini (Rabu, 23 Desember 2020) bertempat di Kelompok Tani (Poktan) Sandio Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dilaksanakan panen padi Inpari IR Nutri Zinc. Panen ini dilaksanakan oleh Plt. Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Taufiq Ratule dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur (BPTP NTT) Dr. Procula Matitaputty bersama sama dengan anggota Poktan Sandio.

Panen kali ini sangat spesial karena merupakan panen kedua pada areal yang sama di tahun 2020 atau Musim Tanam (MT) II. Berdasarkan kebiasaan petani hanya dilakukan panen sekali setahun, yaitu pada musim hujan. Hasil ubinan kali ini sebesar 8.5 ton/ha lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil yang biasa diperoleh petani di areal tersebut.

Padi Inpari IR Nutri Zinc merupakan Varietas Unggul Baru (VUB) yang dikenal sebagai padi khusus untuk mengatasi stunting karena mengandung Zn yang tinggi. Padi ini sangat cocok dikembangkan di NTT yang memiliki angka stunting yang tinggi di Indonesia. Penanggung jawab kegiatan Ir. Charles Bora, M.Si dalam penjelasannya mengatakan selain dapat mengatasi stunting, padi Inpari IR Nutri Zinc juga toleran kekeringan dan berproduksi tinggi sehingga sangat disukai petani.

Melihat tingginya respon petani pada demplot ini, Kepala Balai Besar mengharapkan agar BPTP dapat memfasilitasi produksi benih sumber VUB padi sehingga dapat dikembangkan lebih luas lagi di NTT.