JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT _______ Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan (BPTP) Nusa Tenggara Timur _______ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat Kupang _______ Nusa Tenggara Timur _______ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT Jajaki Perannya di Food Estate Sumba Tengah

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. Procula Rudlof Matitaputty bersama tim peneliti dari BPTP NTT tengah melakukan koordinasi dengan Pemda Sumba Tengah terkait peran BPTP NTT dalam menyukseskan Program Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah.

Koordinasi dan diskusi dilakukan langsung di lahan food estate serta sekaligus mengunjungi lima zona food estate. Diskusi dan kunjungan kelima zona ini dipimpin langsung oleh Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S.K.Limu yang didamping Kadis Pertanian Sumba Tengah dan staf.

Demikian rilis yang diterima Pos-Kupang.com dari Dr. Ben de Rosari, salah satu peneliti senior BPTP NTT, Rabu (2/12/2020).

Dr. Ben menyebutkan bahwa Food  Estate Sumba Tengah merupakan salah satu kawasan ekonomi Program Presiden Jokowi. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan peradaban pertanian. Food estate Sumba Tengah berciri pertanian lahan kering.

Ben menyebut, pada tahun 2020, luas lahan food estate Sumba Tengah 5.000 ha, tersebar pada lima zona, terdiri atas 3.000 ha untuk komoditas padi dan 2.000 ha untuk komoditas jagung. Komoditas pendukung lain yaitu sapi, kelapa dan jeruk.

Saat ini gencar dilakukan persiapan lahan untuk padi dan jagung. Pada beberapa wilayah zona sudah ditanam jagung dan memasuki fase pemeliharaan, yaitu pemupukan dan penyiangan gulma.

Sebelumnya BPTP NTT telah diminta untuk menjadi narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) budidaya jagung dan survei benchmark pertanian di Sumba Tengah.

"Koordinasi tahap ini untuk  memantapkan peran BPTP NTT, yaitu akan berperan dalam mendiseminasikan inovasi melalui bimtek dan membangun centre of excellent sebagai media display teknologi" jelas Rudy sapaan Kepala BPTP NTT sebagaimana dikutip Dr. Ben, di sela-sela kunjungan lapangan tersebut.

Selain itu BPTP NTT mendukung permintaan Pemda Sumba Tengah terkait penyediaan pakan berkualitas, misalnya lamtoro tarramba untuk pengembangan peternakan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Burin)

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul BPTP NTT Jajaki Perannya di Food Estate Sumba Tengah, https://kupang.tribunnews.com/2020/12/02/bptp-ntt-jajaki-perannya-di-food-estate-sumba-tengah.
Penulis: Paul Burin
Editor: Ferry Ndoen