JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Agenda Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVIII Tahun Buku 2021 Koperasi Serba Usaha “Corypha Gebanga” BPTP NTT

Pada 13 Mei 2022 koperasi karyawan BPTP NTT “Corypha Gebanga” melaksanakan kewajiban RAT sebagai wujud dari pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan doa oleh Dr. Haruna, S.Pi., M.Si., kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi Indonesia dipandu oleh Kristina Lako, S.ST dan dilanjutkan dengan pembacaan Tri Prasetya Koperasi oleh Sri Lestari, S.E. Turut hadir juga Ketua Koperasi Fransiskus T. Edy Gete, S.E dan sekretaris Rumani Sitepu, S.A.B. beserta seluruh pengurus dan anggota koperasi “Corypha Gebanga”.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bendahara Puskopdit Bekatigade Timor Bapak Mulu Blasius. Beliau menyampaikan RAT merupakan kewajiban yang telah diamanatkan dalam undang-undang dan anggaran dasar kegiatan pengelolaan koperasi. Agenda utama dalam RAT yaitu mengevaluasi seluruh kegiatan koperasi selama setahun sesuai rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan biaya yang telah disahkan pada tahun buku 2021. Beliau menyoroti terdapat penurunan jumlah anggota dari tahun buku 2020 ke tahun buku 2021 yaitu dari 120 anggota menjadi 102 anggota. Hal ini dikarenakan terdapat anggota yang sudah pensiun dan keluar dari keanggotaan koperasi. Beliau juga berpesan bahwa dalam kerangka koperasi kredit Indonesia mengisyaratkan bahwa RAT koperasi primer dilaksanakan paling lambat 3 bulan dan koperasi sekunder  6 bulan setelah berakhir tahun buku.

Bapak Kepala Balai BPTP NTT Dr. Akhmad Hamdan, S.Pt., M.P. dalam sambutannya mengharapkan agar keberadaan Koperasi serba usaha “Corypha Gebanga” BPTP NTT dapat memberikan kesejahteraan kepada seluruh anggota. Tentunya hal ini bisa dicapai dengan kebersamaan dimana seluruh pengurus dan anggota memikul tanggung jawab yang sama dalam mengembangkan koperasi ini. Selain itu diharapkan dukungan dan bimbingan dari Puskopdit mendukung pengembangan KSU “Corypha Gebanga” BPTP NTT yang lebih baik.

Selanjutnya sambutan dari Bapak Kepala Dinas Perindag Kab. Kupang  Adril S. Abineno, S.H. sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya,beliau menyampaikan bahwa tujuan didirikannya koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, membantu memperbaiki taraf hidup maupun ekonomi para anggotanya dan masyarakat disekitarnya, membantu pemerintah mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan Makmur. Oleh karena itu  harus terjalin kerjasama yang baik antara pengurus dan pengawas serta membangun kerjasama dengan stakeholder yang ada. Beliau turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus dan pengawas KSU “Corypha Gebanga” BPTP NTT yang telah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban hal ini dilakukannya Rapat Anggaran Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021. RAT bagi sebuah koperasi merupakan  hal yang mutlak harus dilaksanakan karena merupakan ciri dan seni utama dalam menggerakkan koperasi. RAT mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi  untuk  ini akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja dan rencana anggaran ketetapan dan belanja koperasi. Pertanggungjawaban ini penting dilakukan  untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar dimasa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.