JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Cegah Stunting Flotim Panen Sumber Benih Inpari Ir Nutri Zinc

Flores Timur, 24 Maret 2022  - BPTP  Balitbangtan NTT  melaksanakan panen perdana perbayakan benih sumber inpari IR Nutri Zinc, di Kelompok tani Nyora Dona, desa Konga,Kecamatan Titehena,Flores Timur. Kegiatan ini merupakan kerjasama Badan Litbang Pertanian dengan Ditjen Tanaman Pangan.

Hadir dalam Kegiatan Panen perdana ini adalah mewakili Kepala BBP2TP Bogor Dr. Nandang Sunandar,MP bersama Pengawas kegiatan kerjasama perbanyakan benih sumber  Ir.Sabilal Fahri,M.Si, BPTP NTT, Dinas Pertanian Fflores Timur, BPSB Flores Timur,SekCam Titehena, Penyuluh BPP Titehena,Kepala Desa Konga, Babinsa dan Petani

Dalam sambutanya disampaikan Oleh Dr.Nandang Sunandar Apresiasi bagi petani pelaksana kegiatan karena sudah melaksanakan kegiatan budidaya dengan baik, hingga pelaksanaan panen perdana.  Inpari IR Nutri Zinc dengan potensi kandungan Zinc 34.51 PPM  bagus untuk pencegahan stunting dan peningkatan imun tubuh, jadi beras ini bisa menjadi sumber bahan pangan /karbohidrat sekaligus sebagai obat, yaitu obat untuk pencegahan stunting, kususnya bagi ibu hamil sampai balita umur 2 tahun, sedangkan untuk dewwasa sebagai peningkatan imun tubuh. Ucap nandang.

Tidak lupa disampaikan oleh Dr.Nandang bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama jadi kembali diingatkan bahwa sesuai kesepakatan awal petani wajib mengembalikan benih sebanyak 1.420 kg per ha kepada pihak pemerintah dikarenakan benih tersebut akan di distribusikan lagi ke masyarakat/petani lain sebagai upaya percepatan penyebaan varietas dan percepatan penanganan stunting di Flores Timur dengan Regulasi sesuai kesepakatan, yaitu pengusulan CPCL oleh Dinas Pertanian FLores Timur Ke Dinas Pertanian Provinsi NTT yang di Tembuskan ke Ditjend Tanaman Pangan sebagai  data calon petani penerima benih Inpari IR Nutri Zinc hasil dari kegiatan kerjasama.

Pelaksanaan kegiatan panen di Flores Timur berlangsung sangat sederhana tetapi tidak mengurangi semangat dan tujuan dari kegiatan, dimana terlihat dari antusiasme petani dalam sesi diskusi secara Langsung dengan Dr.Nandang dan BPTP NTT, di sela – sela acara juga dilaksanakan demonstrasi cara tanam Jajar legowo dan  keunggulan  cara tanam jajar legowo dimana pada sesi ini menjadi sesi yang sangat menyenangkan dan bisa merubah cara pandang dan berpikir petani tentang Jajar legowo dikarekan petani melakukan simulasi secara lagsung menggunakan alat peraga.