JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Panen Perdana Perbanyakan Benih Sumber Varietas Cakrabuana Agritan Dan Inpari Ir Nutri Zinc  Kerjasama Ditjen Tanaman Pangan Dengan Balitbangtan NTT

Dalam rangka mendukung peningkatan indeks pertanaman (IP) 400 sejalan dengan program nasional untuk sasembada beras, BPTP Balitbangtan NTT bekerjasama dengan Dtjen Tanaman Pangan kementerian pertanian menyelenggarakan Panen Perdana varietas unggul Baru padi genjah Cakra Buana Agritan dan Inpari IR Nutri Zinc di IP2TP Naibonat, Kupang Timur,Kupang, Selasa 22 Maret 2022

Hadir dalam Acara tersebut mewakili Kepala BBP2TP Bogor Dr. Nandang Sunandar,MP bersama Pengawas kegiatan kerjasama perbanyakan benih sumber  Ir.Sabilal Fahri,M.Si, BPTP NTT, Dinas Pertanian Prov.NTT, BPSB NTT, Penyuluh BPP Kupang Timur,Lurah Naibonat, Petani, Peneliti dan Penyuluh BPTP NTT.

Dalam sambutanya, Ir,Irianus Rohi,M.Si mewakili kepala BPTP NTT Menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Ditjen Tanaman Pangan dengan Badan Litbang Pertanian khususnya BPTP NTT dengan luas tanam 10 ha terdiri dari 5 ha perbanyakan benih sumber varietas Cakrabuana Agritas ( Padi Genjah) dan 5 ha varietas Inpari IR Nutri Zinc.

Untuk diketahui, NTT Mendapatkan alokasi pengembangan perbanyakan benih padi sumber seluas  30 ha, yang berlokasi di Kab.Kupang 20 ha dan Kab.Flores Timur 10 Ha. 5 Ha Perbanyakan benih sumber VUB Cakrabuana Agritan dan 25 ha Perbanyakan benih sumber Inpari IR Nutri Zinc.

Perencanaan ini disesuaikan dengan program dan tujuan nasional yaitu mendukung kegiatan IP 400 ( untuk padi Genjah) dan untuk mendukung penanganan stunting ( Varietas Inpari IR Nutri Zinc)

Disampaiakan oleh Dr.Nandang dalam sambutanya, ada 15 provinsi yang melakukan kerjasama perbanyakan benih sumber dengan fokus penanganan stunting dan perbanyakan padi genjah (umur pendek).

Penanganan stunting melalui perbanyakan padi biofortifikasi Inpari IR Nutri Zinc dengan potensi kandungan Zinc 34.51 PPM  jadi bagus untuk pencegahan stunting dan peningkatan imun tubuh, jadi siapapun bisa mengkonsumsi beras jenis ini.

Terakhir, tidak lupa disampaikan oleh Dr.Nandang bahwa  hasil panen dari seumber benih ini akan dilakukan sertifikasi dan pelabelan sehingga benih ini legal dan siap digunakan oleh siapapun. Dan disampaiakan harapan beliau bahwa dengan adanya varietas unggul baru ini dapat membantu mengatasi persoalan yang ada di NTT terlebih dalam hal penanganan stunting.