JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

Bimtek Produksi Pengembangan Produk Ikm Pakan Ternak Gelombang II Di Wilayah Perbatasan  

Berdasarkan implementasi Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan Bimbingan Teknis Produksi Pengembangan Produk IKM Pakan Ternak Gelombang ke-2 yang dilaksanakan di Kabupaten Belu-NTT.

Dalam kegiatan ini, Kemenperin bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT – Kementerian Pertanian sebagai fasilitator dalam pembuatan pakan ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB). Acara Bimtek ini dilakukan selama 4 (empat) hari, 15-18 Februari 2022 di Aula SMKN 2 Belu. Acara diselenggarakan secara online Zoom Meeting dihadiri oleh Riefky Yuswandi, M.Comm, selaku Direktur IKM Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan, dan yang hadir di lokasi secara offline Suprana,S.H mewakili Direktur IKM Kemenperin; Drs. Laurentius E Nahak, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Belu; Wempi Rambing, S.T, Kepala Sekolah SMKN 2 Belu, Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, mewakili Kepala BPTP NTT, dan peserta dihadiri 25 orang pemuda milenial yang berasal dari desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT.

Dalam acara pembukaan, sambutan dari Direktur IKM Bahan Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan, Riefky Yuswandi, M.Comm, menyampaikan bahwa Nusa Tenggara Timur punya prospek bagus untuk ternak unggas melalui pendirian rumah produksi pakan ternak  dengan memanfaatkan SDM pemuda-pemudi yang ada di sekitar wilayah perbatasan Kabupaten Belu.

Drs. Laurentius E Nahak, M.Si, selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Belu memberikan arahan kepada peserta bimtek yang terdiri dari pemuda milenial untuk tetap semangat belajar, berlatih, dan menghasilkan produk pakan ternak mandiri, sehingga dapat membuka lapangan usaha dan mengurangi pemuda yang merantau menjadi tenaga kerja di luar daerah.

Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, mewakili Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT, menyampaikan bahwa BPTP NTT berperan sebagai fasilitator dan pelatihan dalam pembuatan pakan ternak ayam KUB. Dalam agenda kegiatan pelatihan ini, hari pertama: tentang penjelasan materi formulasi ransum ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB), kemudian hari berikutnya dilakukan pengenalan bahan pakan lokal, dan praktek penyusunan formulasi ransum untuk pakan starter, grower, dan finisher. Dalam materi Bimtek ini disampaikan oleh Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, Ir. Ati Rubianti, M.Si, Ir. Medo Kote, M.Si, Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc, dan dalam praktek didampingi oleh teknisi, Dionisius Bria.

Dalam acara bimtek ini dilakukan kunjungan ke lokasi peternak ayam KUB peserta Bimtek Gelombang I, dengan ketua kelompok Ibu Yeni. Yeni dan anggotanya, peternak ayam KUB di wilayah perbatasan Kab. Belu yang saat ini memiliki 1000 ekor. Berharap dengan adanya rumah produksi pakan ternak dapat membantu meringankan biaya pakan dan meningkatkan pendapatan peternak ayam KUB.

Hasil dari Bimtek ini diharapkan agar para peserta yang terdiri dari kelompok-kelompok pemuda milenial dapat membuat ransum ayam dengan memanfaatkan bahan pakan lokal, sehingga cita-cita dan harapan untuk mendirikan rumah produksi pakan ternak segera terwujud. (SR/MK/YA/AR)