JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT dalam Tim Persiapan Penyusunan GD FEST

Dalam rangka penyusunan Grand Design Food Estate Sumba Tengah, maka Direktorat Jenderal Tanaman Pangan melalui Biro Perencanaan dan Biro Evaluasi Kementerian Pertanian melakukan persiapan Penyusunan Grand Design Food Estate Sumba Tengah (GD FEST) yang dilaksanakan sejak tanggal 8 – 12 Februari 2022. Untuk persiapan penyusunan Grand Design di tingkat lapangan di lokasi Food Estate Sumba Tengah, dilaksanakan selama 4 hari (9 – 12 Februari 2022). Dalam pelaksanaan persiapan tersebut, BPTP NTT termasuk dalam tim penyusunan GD FEST dilibatkan dalam melihat implementasi teknologi pertanian dalam kegiatan Food Estate Sumba Tengah.

Agenda tim GD FEST dalam persiapan penyusunan adalah koordinasi dan Kunjungan Lapangan. Koordinasi dilakukan Pemerintah Daerah termasuk didalamnya instansi terkait terkait dengan pelaksanaan Food Estate Sumba Tengah. Koordinasi diawali dengan tatap muka dengan Bupati Sumba Tengah (Drs. Paulus SK Limu), arahan Bupati sumba tengah : 1) FEST memberikan dampak positip bagi masyarakat khususnya petani yang terlibat, 2) Grand Design FEST menjadi informasi mendasar untuk strategis pelaksanaan selanjutnya dari FEST, 3) merancang strategis dalam Grand Design dirancang juga komoditas peternakan khususnya ternak unggas yang manfaatnya dirasakan oleh petani ternak dalam jangka waktu yang pendek baik dalam bentuk daging maupun dalam bentuk telur, 4) atas nama rakyat Sumba Tengah, senantiasa membuka kesempatan kepada semua pihak yang ingin membantu Sumba Tengah terutama dalam merubah dan memperbaiki cara dan pola kerja pertanian yang lebih baik.

Koordinasi tim GD FEST dilanjutkan dengan pertemuan bersama dengan instansi terkait : PUPR, UPTD Kehutanan, Dinas Peternakan, Bapelitbangda, Lingkungan Hidup, Pertanahan yang dibuka dan ditutup oleh Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Sumba Tengah. Dalam pertemuan disampaikan informasi tentang: 1) Penyusunan Grand Design FEST (Dirjen TP),  2) Draft Peta Rencana Pengembangan FEST (BBSDLP), 3) Implementasi teknologi Pertanian di FEST (BPTP NTT), 4) Informasi Perkembangan FEST (Dinas Pertanian Sumba Tengah).

Kegiatan kunjungan dilakukan pada lahan FEST dengan melihat kondisi pertanaman padi dan jagung, kondisi bantuan paket mesin peralatan seperti Drayer dengan kapasitas 10 ton dan RMU dengan kapasitas besar yang ada di Gabungan Kelompok Tani Pro Olimilla desa Umbu Pabal Selatan kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat. [IRR]