Berita

Penyuluh BPTP NTT Mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Di BBP2TP Bogor

Mengapa penyuluh BPTP, termasuk di dalamnya 3 orang penyuluh BPTP NTT, mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas?. BPTP mendapat tambahan fungsi berupa “pelaksanaan bimbingan teknis materi penyuluhan dan diseminasi hasil penelitian/pengkajian teknologi pertanian spesifik lokasi”. Balitbangtan telah banyak menghasilkan inovasi teknologi yang harus disalurkan kepada masyarakat pengguna. Penyuluh sangat diharapkan perannya dalam mendiseminasikan inovasi teknologi tersebut.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP muncul ke permukaan dilatarbelakangi oleh Kementerian Pertanian pada akhir tahun 1994 telah melakukan terobosan penting yaitu menyatukan fungsi penyuluhan dan penelitian dalam suatu lembaga riset, yaitu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

Selanjutnya: Penyuluh BPTP NTT Mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Di BBP2TP Bogor

 

Lumbung Pangan Lestari Siap Sergap

Bermodalkan nekad akhirnya terwujud. Itulah pernyataan anggota Kelompok Lumbung Pangan Lestari saat Koordinator Lapangan Serapan Gabah (Sergap) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTT berkunjung ke Kelompok tani Lumbug Pangan Lestari awal bulan maret 2018 di Desa Waewako Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat.

Kisah ceritera berawal dari tingkat kesulitan yang dialami anggota kelompok tani. Hampir setiap tahun anggota kelompok tani selalu kesulitan mendapatkan benih padi untuk musim tanam berikutnya termasuk cadangan beras menjelang panen berikutnya. Kondisi ini sering dimanfaatkan oleh para pemilik jasa modal untuk menanamkan modalnya ditengah jeritan hidup yang melilit anggota kelompok tani. Tidak ada pilihan lain kecuali berutang pada pemilik modal dengan catatan akan dikembalikan pada saat panen tiba.

Selanjutnya: Lumbung Pangan Lestari Siap Sergap

   

BPTP NTT Kembali Mengadakan BimTek Inovasi Pertanian Bagi Petani dan Anggota KOPDIT Kasih Sejahtera Belu

Naibonat, 5 April 2018 Bertempat di Aula BPTP NTT dilaksanakan Bimbingan Teknis Inovasi Pertanian bagi Petani Binaan Kopdit Kasih Sejahtera Atambua, Petani Binaan BPTP NTT di wilayah Kabupaten Kupang dan Babinsa yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 5 sampai dengan 7 April 2018.
   

Menggali Potensi Sumberdaya Air di Kabupaten TTU Melalui Survey Identifikasi Sumberdaya Air

Sumberdaya air merupakan faktor utama dalam sistem usaha pertanian. Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) pada lahan sawah tadah hujan dan lahan kering terkendala dengan ketersediaan air dimana sumber air masih tergantung dengan curah hujan sehingga pada umumnya kondisi existing pertanaman hanya dilakukan 1 kali selama 1 tahun (IP 100).

Selanjutnya: Menggali Potensi Sumberdaya Air di Kabupaten TTU Melalui Survey Identifikasi Sumberdaya Air

   

KRPL Mendongkrak Semamgat Masyarakat Desa Oase Cinta.

Desa Barada dan Desa Alas Selatan yang dahulu tampak kering di musim kering kini mendapatkan hujan berkat dengan berbagai program yang membuat kedua desa ini menjadi pusat perhatian dari OASE setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Selanjutnya: KRPL Mendongkrak Semamgat Masyarakat Desa Oase Cinta.

   

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday13
mod_vvisit_counterYesterday150
mod_vvisit_counterThis week452
mod_vvisit_counterLast week760
mod_vvisit_counterThis month2430
mod_vvisit_counterLast month4294
mod_vvisit_counterAll days356925

Online (20 minutes ago): 1
Your IP: 54.80.97.221
,
Today: Mei 23, 2018