JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial


Notice: Undefined index: option in /var/vhosts/ntt/public/components/com_content/views/article/view.html.php on line 245

Notice: Undefined index: option in /var/vhosts/ntt/public/components/com_content/views/article/view.html.php on line 253

Notice: Undefined index: option in /var/vhosts/ntt/public/components/com_content/views/article/view.html.php on line 253

Notice: Undefined index: option in /var/vhosts/ntt/public/components/com_content/views/article/view.html.php on line 253

Wabup Flotim Tapin Bawang Merah TSS

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli melakukan tanam pindah bibit bawang merah asal biji (TSS) di kelompok tani Karang Taruna Tala Hia, Desa Narasaosina, Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur (11/6).
 
Dalam sambutannya, wabup Flotim memberikan apresiasi kepada petani yang mau bekerja keras dan menerima teknologi yang diberikan oleh BPTP NTT.
 
"Terima kasih khususnya kami sampaikan kepada pihak BPTP yang berkenan memperkenalkan teknologi kepada masyarakat terutama petani kami; dan saya harap para petani yang telah menunjukkan semangat kerjanya ini menerima dan melanjutkan usaha ini untuk ekonomi keluarga" tegas Wabup.

Hadir dalam acara tanam pindah Wabup Flotim, Assisten bidang ekonomi dan pembangunan Setda Flotim, Dinas Pertanian Flotim, Danramil Waiwerang, Kapolsek Adonara Timur, Plt Camat Adonara Timur dan dari pihak BPTP NTT dihadiri oleh Alfons Koli sebagai tenaga detaser di lokasi tersebut.
 
Kepala BPTP NTT, Dr.Ir. Syamsudin, MSc dalam sambutannya yang dibacakan oleh Alfons Koli menyatakan bahwa tugas Badan Litbang Pertanian adalah menemukan dan menyebarkan teknologi ke pengguna, termasuk petani.
 
"Kegiatan PKH dengan komoditas bawang merah asal biji merupakan suatu inovasi dan pertama kali dilakukan di NTT oleh BPTP NTT, dan dilakukan di lokasi Desa Narasaosina ini. Ini akan menjadi contoh untuk petani lain sehingga ikutilah semua petunjuk dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas" kata Dr. Syamsudin.
 
Kegiatan Pendampingan Kawasan Hortikultura ini merupakan kegiatan strategis nasional yang dilakukan oleh BPTP NTT, dan tahun 2018 dilakukan di Kabupaten Flores Timur. Inovasi yang diperkenalkan adalah benih asal biji/TSS, perbaikan kesehatan tanah dengan pupuk kandang dan biochar, perbedengan dengan jarak tanam tertentu, dan penanganan panen dan pasca panen yang tepat.
 
Kegiatan ini mendapat dukungan dari Dana Desa Narasaosina bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan terpal untuk bak penampung air untuk penyiraman, pupuk NPK, alat siram gembor, fungisida, insektisida, selang air, dan perlengkapan pipa air.
 
Wabup Flotim berjanji akan memberikan bantuan infrastrukur yang sangat dibutuhkan misalnya cultivator, sumur bor, dan jika ada perluasan lahan akan diberikan traktor. Pada kesempatan itu diserahkan bak penampung air dari fiber volume 2200 liter oleh Wabup Flotim. Kondisi tanaman yang tertanam hingga saat ini (13/6) sebanyak 96 bedeng dengan ukuran bedeng 15 x 1,2 meter dan masih tersedia bibit yang cukup untuk perluasannya. (Alfons Koli).