18,21 Ton Target Produksi Padi UPBS BPTP Balitbangtan NTT

Berita

Setiap tahun BPTP Balitbangtan NTT mendapat mandat untuk memproduksi benih sumber baik komoditas padi maupun jagung untuk membantu pemerintah daerah dalam menyediakan benih sumber untuk kebutuhan masyarakat petani/penangkar.

Target produksi biasanya sudah ditetapkan oleh pusat yang tecatat dalam POK dimasing-masing BPTP. Tahun ini BPTP Balitbangtan NTT awalnya mendapat target produksi komoditas padi kelas benih ES sebanyak 7 ton, namun dalam perjalanan pelaksanaan dengan anggaran yang sama (tidak ditambah) dinaikan targetnya menjadi 18,21 ton atau dua kali lipat dari target sebelumnya.

Hal ini merupakan suatu tantangan besar bagi BPTP Balitbangtan NTT yang juga merupakan institusi yang merakit dan menghasilkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian serta bagaimana mengelola anggaran yang terbatas, tetapi dituntut untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Target ini tidak membuat surut BPTP Balitbangtan NTT dalam mengelola benih sumber tetapi dengan niat, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki selama ini dengan prinsip “kita yakin…… kita bisa…”

Varietas padi yang ditanam dalam kegiatan UPBS ini merupakan varietas-varietas yang sering diminati oleh petani/penangkar yang terdiri dari : Varietas Inpari 6, 24, 30, 33, 39, 41, Inpago 8, Situbagendit, Ciherang dan Towuti. Semua varietas ini akan memproduksi benih padi label biru ES. Saat ini kegiatan lapangan sedang dalam proses panen dan prosesing dan yang sudah masuk gudang sebagai calon benih (sedang dalam proses uji laboratorium) sebanyak 6.840 kg yang terdiri dari padi varietas: Inpari 30 sebanyak 3.420 kg, Inpari 33 sebanyak 660 kg, Inpago 8 sebanyak 1.600 kg, dan Towuti sebanyak 800 kg.

Harapan besar agar varietas-varietas lain yang masih dalam proses pasca panen segera diselesaikan sehingga bisa tercapai bahkan bisa melebihi target yang telah ditetapkan. [LKG – IRR]

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday36
mod_vvisit_counterYesterday113
mod_vvisit_counterThis week627
mod_vvisit_counterLast week494
mod_vvisit_counterThis month2321
mod_vvisit_counterLast month3494
mod_vvisit_counterAll days360310

Online (20 minutes ago): 3
Your IP: 54.145.103.69
,
Today: Jun 23, 2018