Aer Su dekaaaattttt……

Berita


Rakitan ALSINTAN “Iovasi Teknologi mendukung Pertanian Lahan Kering Iklim Kering”

Wilayah NTT dikategorikan sebagai wilayah kering beriklim kering (semi arid) yang curah hujan merupakan faktor utama dalam sistem usaha pertanian. Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) pada lahan sawah tadah hujan dan lahan kering terkendala dengan ketersediaan air dimana sumber air masih tergantung dengan curah hujan sehingga pada umumnya kondisi existing pertanaman hanya dilakukan 1 kali selama 1 tahun (IP 100).

Desa Oelpuah merupakan salah satu desa yang masuk ke dalam wilayah adiministrasi Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Desa ini memiliki potensi sumberdaya alam yang besar berupa lahan sawah dan didukung pengairan yang bersumber dari bendungan Tilong dan Bendungan Tasipa, hanya saja sumber air dari kedua bendungan itu tidak bisa memenuhi kebutuhan air untuk MT II.

Kelompok tani Sadar Bangun yang di ketuai oleh Yusak Labati beranggotakan 190 petani dan terdiri dari 8 sub kelompok. Luas lahan yang menjadi wilayah kerja kelompok tani Sadar Bangun adalah 187 ha, dimana dari luasan tersebut belum semuanya di usahakan untuk pertanaman tanaman pangan. 123,25 ha sudah diusahakan untuk lahan persawahan dan sisanya 63,75 ha belum diusahakan, dikarenakan debit air yang kecil sehingga tidak bisa menjangkau lahan persawahan.

Melihat realita tersebut diatas, BPTP Balitbangtan NTT melalui kegiatan Dukungan inovasi teknologi pertanian untuk peningkatan Indeks Pertanaman mencoba untuk dapat memaksimalkan potensi sumberdaya yang ada baik sumberdaya air maupun sumberdaya lahan dengan cara perakitan Alat mesin pertanian.

Alat mesin pertanian yang dimaksud yaitu dengan mengkombinasikan/merakit mesin hand traktor dengan watterpump. Kedua alat ini dirangkai menjadi satu dengan menyiapkan rakitan dari rangkaian plat besi yang berfungsi sebagai dudukan dan penahan antara mesin traktor dengan watterpump. Mesin pada hand traktor berfungsi sebagai penggerak dan watterpump sebagai penghisap air yang berkapasitas 4 dim dan kedua alat tersebut di hubungkan dengan V-belt ukuran 62. Selain itu perlu juga di rangkaikan selang spiral berukuran 4 dim yang disambungkan dengan watterpump pada saluran penghisap sepanjang 10 m dan pada saluran pembuangan sepanjang 5 m yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Rakitan alat tersebut sudah dilakukan uji coba di kelompok tani Sadar Bangun dan mendapatkan respon positif dari anggota kelompok dengan pernyataan (ternyata hand traktor bukan hanya untuk olah tanah sa,….buat tarek aer ju bisa ee…baek suu, ketong su bisa tanam lae di musim kering ) dikarenakan dengan adanya inovasi teknologi tersebut jaminan supply air di MT II ini dapat terpenuhi. Melalui kegiatan Dukungan inovasi teknologi untuk peningkatan indeks pertanaman diharapkan dapat terjadi peningkatan intensitas pertanaman dan peningkatan produktivitas lahan persatuan luas untuk MT II 201. (DP-CB-IRR)

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday37
mod_vvisit_counterYesterday113
mod_vvisit_counterThis week628
mod_vvisit_counterLast week494
mod_vvisit_counterThis month2322
mod_vvisit_counterLast month3494
mod_vvisit_counterAll days360311

Online (20 minutes ago): 4
Your IP: 54.145.103.69
,
Today: Jun 23, 2018