VUB Inpari 32 Berpotensi Mmenggeser Varietas Ciherang di Komodo, Manggarai Barat

Berita

Varietas unggul baru merupakan komponen teknologi yang memberikan kontribusi terbesar terhadap peningkatan 1`produksi padi. Salah satu inovasi teknologi yang diandalkan dalam peningkatan produktivitas padi adalah varietas unggul berdaya hasil tinggi. (Las 2004). Pengenalan VUB di Manggarai Barat dimulai dengan diadakanya Denfarm Sistem Produksi Padi Potensi Hasil Tinggi melalui Teknologi Jajar Legowo Super, pada tahun 2017 dampingan BPTP Balitbangtan NTT.

Bertempat di Kelompok tani Handel, Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat, NT. Luas lahan 15 ha pendampingan dari BPTP Balitbangtan NTT dan 15 ha swadaya masyarakat. Adapun 3 VUB yg digunakan yaitu Inpari 30, Inpari 32, dan Inpari 33. Produktivitas hasil ubinan: Inpari 30: 9,68 t/ha GKP umur panen 111 hari; Inpari 32: 10 t/ha umur panen 120 hari; Inpari 33: 10,8 t/ha umur panen 107 hari.

Produktivitas ini dianggap tinggi karena dilakukan pada MT 2 dimana tidak ada hujan dan debit air tersedia untuk irigasi yg mulai berkurang. Produktivitas yang tinggi ini berpotensi utk didiseminasikan dan diadopsi oleh petani lain.

Pada awal pengenalan varietas, kebanyakan petani kurang simpatik terhadap varietas Inpari 32 dikarenakan pertumbuhan awal yang kurang menarik, namun, setelah memasuki masa primordial dan malai sudah penuh dengan isi bulir padi ternyata kondisi tanaman sangat berbeda jika dibandingkan dengan varietas lainya.

Menurut penuturan petani koperator, hasil 1 bujur (25 m x 25 m ) dari penanaman varietas Inpari 32 bisa mencapai 8 karung, dimana 1 karung setara dengan 80 kg GKP, jika dikonversikan produksi dalam luas 1 ha = 10,240 Kg, sedangkan produktivitas komoditas existing hanya 4 karung dalam 1 bujur atau 5,120 Kg per ha. Melihat kondisi tersebut, petani yang awalnya ragu – ragu menjadi tertarik untuk mengembangkan varietas Inpari 32 pada Musim Tanam selanjutnya.

Ketertarikan akan varietas Inpari 32 ternyata bukan hanya dari petani koperator, tetapi juga datang dari petani lain dan peserta yang ikut hadir pada acara panen dan temu lapang yang diadakan pada tanggal 07 September 2017 silam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pesanan benih hasil dari demfarm jarwo Super yang dipesan secara mandiri dan inisiatif oleh petani sejumlah 800 kg, setara dengan 32 ha yang ditanam pada MT 1 2017/2018. Ketertarikan petani akan varietas Inpari 32 dikarenakan mempunyai penampilan,rasa,produktivitas dan harganya yang lebih menjanjikan.

Melihat animo petani yang tertarik terhadap VUB dan masih adanya potensi lahan, BPTP Balitbangtan NTT melalui kegiatan Dukungan Inovasi Peningkatan Indeks Pertanaman melakukan kegiatan peningkatan produktivitas lahan dan indeks pertanaman dengan tetap menggunakan varietas Inpari 32 hasil dari kegiatan demfarm Jarwo Super seluas 10 ha di kelompok tani Tiwu Dangkung dan 10 ha nya lagi dilaksanakan di kelompok tani Wela Nai yang berlokasi di Kecamatan Komodo.

Selain itu, BPTP Balitbangtan NTT melalui kegiatan peningkatan indeks pertanaman juga melakukan kegiatan perbenihan seluas 2 ha yang dilaksanakan pada MT II tahun 2018 dengan menggunakan VUB Inpari 32 label ungu yang di datangkan langsung dari Balai Besar Padi di Sukamandi Jawa Barat dengan harapan tetap tersedianya benih padi yang berlabel dan berkualitas untuk terus dikembangkan, dimana hal tersebut merupakan permintaan langsung dari petani di Kecamatan Komodo

Setelah melihat fakta tersebut, terjadi perubahan pola pikir bagi petani untuk dapat terus menerapkan model inovasi teknologi yang telah dilakukan dan dengan potensi hasil yang tinggi, dan untuk saat ini petani di daerah komodo mulai “jatuh cinta” dengan varietas unggul baru Inpari 32 dan mulai meninggalkan varietas existing yaitu Ciherang, dengan harapkan dapat terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani dan keluarga tani. (DP-CB-IRR)

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday36
mod_vvisit_counterYesterday113
mod_vvisit_counterThis week627
mod_vvisit_counterLast week494
mod_vvisit_counterThis month2321
mod_vvisit_counterLast month3494
mod_vvisit_counterAll days360310

Online (20 minutes ago): 3
Your IP: 54.145.103.69
,
Today: Jun 23, 2018