JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Wajah Sumringah Senyum Aduhai Petani Sikka Terima Bibit Perkebunan Gratis Dari BPTP NTT

BPTP NTT (Maumere, 31/5) Bertempat di Aula utama Kebun Percobaan (KP) Maumere, Kamis (31/5) telah dilaksanakan serah terima bibit kakao dan kelapa kepada kelompok tani Sudan Sogor dari desa Du, Kecamatan Lela dan KT. Tunas Mekar, desa Iantena, kecamatan Kewa Pante. Bibit kedua komoditas ini merupakan hasil perbenihan oleh BPTP Balitbangtan NTT.

Mekanisme penyerahan secara formal ini didahului secara simbolik penyerahan dari Kepala BPTP Balitbangtan NTT, Dr. Syamsuddin, M.Sc. kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Ir. Hengki Sali dan selanjutnya penyerahan estafet dari Kepala Dinas kepada dua kelompok tani tersebut yang juga disaksikan oleh Kepala KP Maumere, Ir. Umar Utina.

KT. Sudan Sogor menerima 5000 bibit kakao hibrida berlabel biru yang diwakili oleh ketuanya, Siprianus Hilarius dan KT. Tunas Mekar diwakili ketuanya Alino de Polce menerima 3000 bibit Kelapa Dalam Bloro berlabel biru.

Pada saat serah terima, kedua petani menampakan wajah sumringah serta senyumnya yang aduhai. Ketika ditanya kenapa kedua petani begitu sumringah ?. Langsung dijawabnya karena kami sangat gembira dan bahagia melihat bibit-bibit yang diserahkan ini, begitu bagus penampilan pertumbuhannya. Bahkan mereka berjanji tidak akan menyianyiakan kesempatan ini dengan cara menanam dan memelihara secara baik berproduksi.

Dalam sambutan Kepala BPTP NTT yang diwakili KSPP, Dr. Tony Basuki juga berpesan bahwa petani wajib dan serius dalam memelihara tanaman yang dimaksud. Bibit yang diserahkan ini dipastikan berasal dari keturunan yang jelas dan memiliki sifat unggul dari sisi produksi dan daya adaptasinya. Dan diingatkan bahwa petani kakao yang menerima kakao hibrida ini akan dapat dua manfaat sekaligus, yaitu telah mempunyai kakao yang punya kapasitas produksi yang tinggi serta di masa akan datang tanaman ini juga menghasilkan bahan entris untuk disambung dengan kakao lokal dalam rangka rehabilitasi tanaman kakao setempat.

Kesempatan ini juga beberapa pesan disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian. Kata Sali, bahwa kakao dan kelapa dua dari komoditas unggulan dari kabupaten Sikka. Oleh karena itu, harus juga kita berterimakasih kepada Kementerian Pertanian melalui BPTP NTT yang telah berpartisipasi mendukung kedua komoditas unggulan kami.

Setelah acara serah terima di dalam ruangan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan untuk melihat lebih dekat kondisi pertanaman kakao dan kelapa yang segera akan diangkut ke desa sasaran. Tidak hanya itu, acara pelepasan juga dilaksanakan dengan memuat bibit kedua jenis ini ke dalam truk untuk didistribusikan. Acara ini dipimpin oleh penanggung jawab kegiatan perbenihan Kakao dan Kelapa Ir. Made Ratnada, M.P. serta teknisi lapangan Muhamad Taher, SST dan John Damira Saru.

Untuk diketahui bahwa sejak 2017 dan termasuk 2018, BPTP NTT mendapatkan mandat untuk memroduksi bibit yang juga akan dibagikan gratis kepada petani yaitu bibit Jeruk Keprok SoE sebanyak 45000 pohon, 35.000 bibit mente, 3000 bibit kelapa dan 12000 bibit kakao, yang semuanya dibagikan gratis kepada petani yang ditentukan oleh Dinas Pertanian Provinsi NTT dan Dinas Pertanian masing-masing kabupaten. (tb)