Balitbangtan dan BPPSDM Bersinergi Dalam Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian

Berita

Balitbangtan dan BPPSDM Bersinergi Dalam Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian

Balitbangtan dan BPPSDM Bersinergi Dalam Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Pembangunan pertanian di masa mendatang perlu memberikan perhatian yang khusus terhadap penyuluhan pertanian, karena penyuluhan pertanian merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan pertanian.

Melalui kegiatan penyuluhan, petani ditingkatkan kemampuannya agar dapat mengelola usaha taninya dengan produktif, efisien dan menguntungkan, sehingga petani dan keluarganya dapat meningkatkan kesejahteraannya. Meningkatnya kesejahteraan petani dan keluarganya adalah tujuan utama dari pembangunan pertanian.

Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya sinkronisasi antara Badan Litbang Pertanian dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM)dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia penyuluh pertanian baik yang berada di BPTP maupun penyuluh-penyuluh daerah. Hal ini terungkap dalam Seminar Proposal Tahun 2018 yang diselengarakan di Aula BPTP-Balitbangtan-NTT pada tanggal 29-31 Januari 2018.

Dalam kesempatan tersebut setiap penanggung jawab kegiatan dari 22 rencana kegiatan memaparkan rencana masing-masing kegiatan termasuk rencana kegiatan Peningkatan Kinerja Penyuluhan dan Diseminasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi yang didalamnya terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu : 1) Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP, 2) Sinkronisasi materi hasil litkaji dan programa penyuluhan pusat dan daerah (teknologi matang dan dapat diakses), 3)Temu teknis inovasi pertanian (peneliti penyuluh BPTP), penyuluh dan petani maju (penyuluh swadaya & swasta), 4) Peningkatan kapasitas penyuluh pertanian daerah, 5) Kaji Terap Inovasi pertanian(dilanjutkan dengan demplot di beberapa BPP).

Dari rencana-rencana kegiatan tersebut dapat dilihat bahwa betapa penyuluh-penyuluh pertaniandi semua lini mendapat perhatian yang besar dari Kementan RI. 

Semoga kesempatan yang baik yang diperoleh tersebut dapat dimanafaatkan dengansebaik-baiknya sehingga apa yang diharapkan dari penyuluh-penyuluh pertanian untuk lebih mengembangkan keprofesinalismenya dapat tercapai dan kinerja penyuluh-penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di Indonesia bisa lebih ditingkatkan di masa depan.(onike-l)

Majulah penyuluh pertanian Indonesia.. salam inovasi……

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday61
mod_vvisit_counterYesterday326
mod_vvisit_counterThis week1118
mod_vvisit_counterLast week791
mod_vvisit_counterThis month3221
mod_vvisit_counterLast month2191
mod_vvisit_counterAll days344369

Online (20 minutes ago): 6
Your IP: 54.226.33.117
,
Today: Feb 24, 2018