Inovasi Balitbangtan Mampu Meingkatkan Produksi Bawang Merah Petani Semau

Berita

Pulau Semau merupakan bagian dari Kabupaten Kupang yang merupakan kawasan sentra produksi bawang merah. Dengan luas areal pertanaman bawang seluas 120 ha Petani mampu mensuplay komoditas bumbu dapur tersebut baik untuk masysrakat Kabupaten Kupang khususnya juga untuk masysrakat sedaratan Timor, seperti TTS dan juga TTU. Petani juga mensuplay benih berlabel bawang merah dan dijual dengan harga Rp 30.000/kg. Produksi yang dicapai pada tahun 2015 adalah 8 ton/ha (sumber data BP3K Kecamatan Semau). 

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Propinsi Nusa Tenggara Timur melalui kegiatan Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura berinisiatif melakukan pendampingan teknologi budidaya bawang merah dengan beberapa inovasi teknologi, seperti : 1. Pembuatan pupuk organik dengan menggunakan decomposer orgadec dan pembuatan biocharge yang bertujuan untuk penyehatan tanah dan perbaikan struktur tanah serta perbaikan sifat fisik dan kimia tanah. 2. Inovasi teknologi perlakuan benih bawang merah pratanam dengan merendam benih bawang merah dalam air larutan Fungisida untuk pencegahan serangan bakteri. 3. Inovasi teknologi pengendalian hama penyakit sistim 3 T yakni; Tepat visual (pengamatan), Tepat Waktu dan Tepat dosis. 

BPTP Balitbangtan NTT yang dibantu oleh tim PPL Kecamatan Semau menggalakan demplot di dua lokasi yakni di Kecamatan Semau dan Kecamatan Semau Selatan. Luas demplot pada masing – masing kecamatan adalah 20 are dengan jumlah petani yang terlibat 50 orang. Hasil ubinan sangat menggembirakan yakni 18 ton perha untuk Kecamatan Semau dan 15 ton perha untuk Kecamatan Semau Selatan. 
BPTP Balitbangtan juga melakukan pendampingan teknologi pasca panen dan pengolahan hasil bawang merah pembuatan bawang goreng yang dewasa ini produknya sudah dipasok oleh rumah – rumah makan di kota Kupang. (Kristina Lako)

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday103
mod_vvisit_counterYesterday193
mod_vvisit_counterThis week555
mod_vvisit_counterLast week830
mod_vvisit_counterThis month3574
mod_vvisit_counterLast month5174
mod_vvisit_counterAll days353775

Online (20 minutes ago): 6
Your IP: 54.162.105.6
,
Today: Apr 25, 2018