JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

BPTP NTT Melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Pekarangan dan Diseminasi Budidaya Tanaman Aneka Sayur Di Desa Oase Alas Selatan Dan Barada

Pada tanggal 05 dan 06 Nopember 2018 team KRPL BPTP NTT sudah melaksanakan kegiatan Bimtek Teknologi pemanfaatan pekarangan dan diseminasi budidaya aneka sayur di desa Oase Alas Selatan dan Barada. Dalam kegiatan Bimtek tersebut dihadiri oleh Babinsa setempat, Koordinator Penyuluh, aparat desa serta  Kelompok Wanita Tani Sinar Pagi di Desa Alas Selatan, KWT Tulabesi dan KWT Tiga Serangkai  desa Barada.

Dalam kegiatan Bimtek hari pertama di Desa Alas Selatan ketua KWT Sinar Pagi menghimbau para anggota kelompok untuk terus meningkatkan kerjasama dan jauhkan sifat egois serta saling cemburu antar anggota. Sebaiknya saling membantu bila ada anggota yang mengalami kesulitan.

Jumlah peserta Bimtek di Desa Alas Selatan sebanyak 41 orang, 33 orang merupakan anggota KWT dan yang lainnya adalah para simpatisan yang menggabungkan diri dan turut aktif dalam kegiatan Bimtek.

Usai materi Bimtek oleh tiem, diberikan kesempatan kepada  Bendahara kelompok Sinar Pagi, Oviana Atok melaporkan penerimaan dari hasil penjualan sayur di lokasi pekarangan KBD Alas Selatan  sejak Bulan April s/d Nopember 2018 yakni;  Rp 2. 800. 000 dan hasil penjualan telur ayam KUB sejak tanggal, 18 Oktober s/d 05 Nop. 2018  sejumlah Rp 78.000 dari 39 butir. Dan keuangan tersebut masih berada ditangan bendahara.

Pendamping KRPL menghimbau agar keuangan dikelola secara terpisah, yang mana hasil penjualan aneka sayur untuk pembelanjaan kebutuhan KBD (Benih sayur dll) dan hasil penjualan telur untuk kebututuhan ayam KUB.

Kegiatan bimtek ditutup dengan penyerahan bantuan benih aneka sayur dan jagung Provit A1 kepada semua peserta.

Pada hari kedua pelaksanaan bimtek di Desa Barada dihadiri oleh 59 peserta yang berasal dari KWT Tiga Serangkai 45 orang dan KWT Tulabesi 14 orang. Dalam kegiatan bimtek yang diwarnai dengan berbagai usul dan saran dari para anggota KWT maupun peserta simpatisan membuat suasana bimtek jadi tambahn semangat.

Hasil penjualan aneka sayur yang dibudidayakan di pekarangan KBD Barada sejak bulan Juni s/d Nopember 2018 dari KWT Tulabesi : Rp 295.000 dan KWT Tiga Serangkai : Rp 230.000 serta Hasil penjualan telur ayam KUB : Rp 30.000 (12 butir).

Kegiatan bimtek diakhiri dengan penyerahan bantuan benih aneka sayur dan benih jagung Provit A1 untuk selanjutnya akan ditanam oleh setiap peserta pada pekarangan rumah masing-masing. (Kristina Lako)