JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

BPTP NTT Melaksanakan Bimtek dan Distribusi Ayam KUB di Desa Oase Cinta

Distribusi ayam KUB siap bertelur sebanyak 400 ekor,  pakan, tempat pakan, tempat minum serta paket obat dan vaksin telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2018. Ayam KUB diterima oleh kepala desa Barada, PPL, dan anggota wanita tani.

Sambutan yang ceria oleh anggota kelompok wanita tani menerima ayam KUB begitu melihat seekor ayam mulai bertelur.

ini merupakan kelompok yang diberkati begitu ayam sampai di desa kami, memperlihatkan kepada kami bahwa ayam memang  siap bertelur, Ungkap Marselus Bere/PPL di desa Barada

Ayam yang di distribusi pada dua desa  Barada dan Alas Selatan masing- masing  sebanyak  200 ekor.  Tim Peneliti yang dipimpin oleh  Ir. Paskalis Th. Fernandez, M.Si melanjutkan bimbingan teknis  tentang teknologi budidaya ayam KUB pada kelompok wanita tani  tiga serangkai di Desa Barada  Kecamatan Malaka Tengah dan kelompok wanita tani sinar pagi di Desa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka.

Bimtek yang berlokasi di sekitar KBD dan Kandang ayam KUB diikuti Lebih dari 50 peserta, yang hadir kepala desa dan aparatnya,  PPL dan anggota KWT yang derada di desa Barada. Pada hari yang berbeda  juga dilakukan  Bimtek yang sama pada desa Alas Selatan Juga dihadiri oleh Sekertaris desa, PPL, Babinsa dan anggota kelompok wanita tani di desa Alas Selatan. Selesai pemateri bimtek dilanjutkan dengan praktek cara melakukan vaksinasi pada ayam KUB dan dapat dilakukan oleh beberapa anggota KWT.

Apabila ada ayamnya yang sakit dan yang perlu di vaksin nanti anggota wanita tani dapat melakukan sendiri dengan didampingi oleh PPL setempat. Dengan melanjutkan bimtek ini agar kelompok wanita tani dapat melaksanakan dengan baik tentang teknologi budidaya ayam KUB, harapan Ir. Ati Rubianti, M.Si/Peneliti BPTP NTT  

Tujuan dari distribusi ayam KUB adalah  semoga ayam KUB yang ada di KWT di dua desa ini sehat dan dapat berkembang dengan baik dan bisa menyebar di dua desa bahkan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Malaka. Harapannya terpenuhinya gizi keluarga dan pendapatan petani meningkat sehingga menjadi keluarga yang sejahtera. (ar)