JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Bank NTT Melirik Dukungan Inovasi Pertanian oleh BPTP NTT pada Kelompok Tani di Desa Kabuna

Desa Kabuna terletak di wilayah perbatasan Belu yang sejak tahun 2017 telah dilakukan pendampingan dalam menerapkan Inovasi Pertanian. Salah satu komoditas yang dikembangkan oleh kelompok tani Manebala - Desa Kabuna pada tahun 2018 adalah komoditas Bawang Merah, dengan luas pendampingan sebesar 6 ha, yang melibatkan 7 kelompok tani di Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak kabupaten Belu.

Varietas Bawang Merah  yang diusahakan oleh petani adalah Bawang Merah Hibrida Lokananta. Penerapan teknologi oleh petani di kelompok tani Mane Bala  pada usahatani bawang merah telah menghantar petani hingga mencapai panen.  

Panen simbolis dilakukan oleh Camat Kakuluk Mesak dan dihadiri oleh Dinas Pertanian tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan kabupaten Belu dan Bank NTT Cabang Atambua serta didampingi oleh Ka. BPP kecamatan Kakuluk mesak, Kelompok-kelompok tani yang terlibat dalam kegiatan pendampingan inivasi, Ketua kelompok Mane Bala beserta anggota kelompok tani dan Peneliti BPTP NTT.

Produktivitas Bawang Merah yang dihasilkan  dapat mencapai 17,855 ton/ha.  Dan pada sisi lain terdapat beberapa kelompok tani lain yang juga mengusahakan bawang merah,  namun gagal panen akibat serangan penyakit.

Selain komoditas bawang merah, diusahakan pula komoditas lainnya sperti Cabe, Tomat, Terung, Mentimun, Buncis, kol bunga. Komoditas yang sementara masih berada di pertanaman hingga kunjungan ini berlangsung yakni Cabe dan terung.  Komoditas tersebut diusahakan dengan menerapkan teknologi yang dianjurkan. 

Bukan permodalan yang menjadi kendala dalam berusahatani melainkan petani harus menunjukkan kinerja yang kondusif untuk mencapai kesuksesan dalam berusahatani, Pihak perbankan memberikan Apresiasi terhadap kenerja kelompok tani  Mane Bala yang dengan serius menerapkan teknologi yang dianjurkan, ungkap Ciu/Pimpinan Bagian Mickro Bank NTT

Pada kesempatan tersebut pihak Perbankan dalam hal ini Bank NTT Cabang Atambua menginisiasi untuk pengembangan lebih luas melalui pendampingan permodalan usahatani yang dialokasikan oleh Bank NTT kepada kelompok tani Mane Bala. Permodalan yang dialokasikan oleh Bank NTT tersebut untuk mendukung   Usahatani produktif di Kelompok tani Mane Bala, juga pihak perbankan sangat berterimakasih kepada BPTP NTT dalam memberikan dukungan berupa pengetahuan dan teknologi juga analisis usahatani komoditi hortikultura, sehingga pihak bank dalam memberikan modal kepada petani sudah dapat memprediksi untung rugi dan target pengembalian KUR mereka. (HdS-YLS)