JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
BPTP NTT Akan Beri Bekal Pengetahuan dan Teknologi Pertanian Kepada Warga Binaan Lapas Kelas II A Kupang

BPTP NTT Akan Beri Bekal Pengetahuan dan Teknologi Pertanian Kepada Warga Binaan Lapas Kelas II A Kupang

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTT mengawali kerjasama dengan...

Biofungisida Trichoderma Menjadi Harapan Baru Pengendalian Busuk Buah Bagi Pekebun Kakao Di Desa Munerana Dan Bloro Sikka

Biofungisida Trichoderma Menjadi Harapan Baru Pengendalian Busuk Buah Bagi Pekebun Kakao Di Desa Munerana Dan Bloro Sikka

Sampai saat ini pekebun kakao di kabupaten Sikka khususnya di Desa Munerana Kecamatan...

Kementan bersama BPTP Balitbangtan NTT Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif

Kementan bersama BPTP Balitbangtan NTT Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif

Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran...

  • BPTP NTT Akan Beri Bekal Pengetahuan dan Teknologi Pertanian Kepada Warga Binaan Lapas Kelas II A Kupang

    BPTP NTT Akan Beri Bekal Pengetahuan dan Teknologi Pertanian Kepada Warga Binaan Lapas Kelas II A Kupang

    Thursday, 27 December 2018 07:16
  • Temu Aplikasi Paket Teknologi ( APTEK) Pertanian  BPTP NTT Mendukung  Peningkatan Komunikasi, Koordinasi,  dan Diseminasi Hasil Inovasi  Badan Litbang Pertanian

    Temu Aplikasi Paket Teknologi ( APTEK) Pertanian BPTP NTT Mendukung Peningkatan Komunikasi, Koordinasi, dan Diseminasi Hasil Inovasi Badan Litbang Pertanian

    Thursday, 13 December 2018 09:34
  • Biofungisida Trichoderma Menjadi Harapan Baru Pengendalian Busuk Buah Bagi Pekebun Kakao Di Desa Munerana Dan Bloro Sikka

    Biofungisida Trichoderma Menjadi Harapan Baru Pengendalian Busuk Buah Bagi Pekebun Kakao Di Desa Munerana Dan Bloro Sikka

    Wednesday, 12 December 2018 05:29
  • Kementan bersama BPTP Balitbangtan NTT Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif

    Kementan bersama BPTP Balitbangtan NTT Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif

    Tuesday, 11 December 2018 16:12

Info Teknologi

TINGKATKAN PRODUKSI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGO...
23 Apr 2012 02:20 - Administrator

SUCCESS STORY

Berbicara tentang Legowo tentunya tak dapat dipisahkan dengan sistem usahatani padi sawah yang juga sangat berkaitan dengan penggunaan varietas unggul baru. Legowo yang secara harafiah be [ ... ]

Selengkapnya
Mengurangi Dampak Perubahan Iklim Pada Padi
15 Sep 2011 00:26 - Administrator

Ancaman perubahan iklim terhadap padi tidak boleh dipandang remeh. Padi adalah makanan pokok 3 milyar penduduk bumi termasuk jumlah terbanyak dari 1 juta warga miskin dunia. Kebutuhan beras masih akan [ ... ]

Selengkapnya
Artikel lainnya

Media Sosial

Tidak Mau Ketinggalan dengan Mahasiswa, PAUD Siloam Asam Tiga Datang Wisata Belajar di BPTP NTT

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak hanya berupa kegiatan di dalam kelas. Proses belajar mengajar sehari-hari dapat dilakukan di luar kelas. Salah satunya dengan proses belajar yang nyata.

Bentuk proses nyata yang dapat dilakukan adalah kegiatan yang turut membawa siswa melihat/mengamati secara langsung pada objek pemebelajaran,  di antaranya mengunjungi KBI dan Perbenihan jeruk keprok di BPTP NTT yang di pandu oleh Emanuel Mau Buti, SST

Kegiatan tersebut membawa murid-murid dalam pendalaman dan memperluas wawasan yang berorientasi  pada pembelajaran kontekstual serta menjadikan wawasan untuk membekali murid-murid Paud Siloam Asam Tiga, Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang

BPTP NTT terpilih sebagai wahana pembelajaran oleh Paud Siloam karena terdapat beberapa kegiatan yang dibutuhkan pengenalan atau pembelajaran siswa Paud Siloam, ungkap Kepala Sekolah, Martha Lesik, S.Th

Lanjutnya, Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong murid-murid untuk meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Ques­tionin,g), mencmukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).

Proses belajar dalam studi wisata  bertujuan melakukan pengamatan secara langsung dalam situasi objek  yang dikunjungi untuk selanjutnya melakukan diskusi atau tukar pendapat tentang objek tersebut, memberikan suasana baru bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mampu membangkitkan motivasi  untuk meningkatkan kinerja mereka.

Adapun manfaat dari studi wisata ini adalah saling bertukar pengalaman bagi guru dan murid dari objek yang dikunjungi, untuk mempererat persaudaraan maupun kekeluargaan antara guru dan murid, menghilangkan kejenuhan belajar di kelas dan mempererat hubungan silaturahmi antara pihak sekolah dan BPTP NTT dengan objek wisata yang dikunjungi. (emb)