JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Kupang (5/9). Hari ini, BPTP NTT ikut berpartipasi dalam Festival Bunga dan Buah yang diselenggerakan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang bertempat di Kampus Undana, tepatnya di halaman Laboratorium Lahan Kering.

 

Acara rutin yang diselenggerakan setiap tahun ini diikuti oleh kurang lebih 20 stand atau inst

ansi pada tahun ini.

Festival Tanaman Hias dan Buah ini akan berlangsung selama tiga hari atau telah dimulai hari ini dan akan berakhir 7 September 2018 yang juga dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis yg ke 26 Faperta Undana.

 

Pada kesempatan ini,  BPTP NTT menampilkan komoditas bawang merah sebagai isu utama disamping ada juga beberapa produk dan info yang berhubungan dengan inovasi pertanian.  Pesan utama dari materi pameran ini lebih mrnekankan  adalah bahwa bawang merah adalah komoditas yang punya efek ekonomi yang tinggi, cepat  dan berpeluang untuk pengembangan lebih besar oleh petani di NTT.

Untuk itu di stand BPTP NTT diperkenalkan lebih dari sepuluh varietas bawang merah. Ini juga  sekaligus memasyarakatkan varietas-varietas unggul asal Badan Litbang, kata Ir. Irianus Rohi, M.Si., yang merupakan penanggungjawab dari kegiatan pameran, yang juga merupakan Penyuluh Senior di BPTP NTT.

 

Beberapa informasi lain yg juga ditonjolkan dalam pameran tersebut adalah 2 jenis penyakit pada bawang merah, 8 kemasan contoh VUB padi seperti, Inpari 37, 41, 38,  33, Inpago 4, Situbagendit, dan Ciherang.

Ada juga tersedia contoh benih  untuk terong, bawang merah,  cabe besar dan beberapa tanaman sayuran lainnya. Semua ini tentu varietas yang berasal dari Badan Litbang Pertanian.

 

Menariknya stand BPTP, dipajang patung bawang merah dan jagung  berukuran besar atau raksasa, dalam rangka menciptakan daya tarik pengunjung ke dalam stand ini. Karena penampilan yang unik ini, banyak pengunjung yang datang berselfi ria.

 

Keterlibatan BPTP NTT dalam kegiatan pameran ini merupakan pertama kali sejak adanya event ini sejak tiga tahun lalu.  Diharapkan bahwa informasi teknologi yang dipamerkan dapat menjadi inovasi yang berguna bagi masyarakat NTT pada umumnya dan lebih khusus lagi masyarakat kota Kupang dan sekaligus sebagai ajang tukar menukar informasi antara BPTP NTT dan insan kampus khususnya di lingkungan   Undana (Onike T. Lailogo)