JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat datang di Web Site BPTP NTT __ Jln. Timor Raya Km. 32 Naibonat-Kupang-Nusa Tenggara Timur __ Tlp. 08113893766; PO BOX : 1022 Kupang 85000 __ email : bptp-ntt@litbang.pertanian.go.id

Media Sosial

 

BPTP NTT Melaksanakan Bimbingan Teknis Budidaya Ayam KUB Di Malaka

Sesuai hasil koordinasi yang dilakukan oleh Sub koordinator KSPP BPTP NTT ( Ir.Irianus R.Rohi,M.Si) maka peserta yang hadir berjumlah 20 orang yang berasal dari 4 kelompok tani yang merupakan perwakilan dari kelompok yaitu kelompoktani Suka Maju, Karya baru,Nea Ida,kelompoktani Sehati dan masing masing kelompok mengirim 5 anggota kelompok taninya. Peserta merupakan calon kelompok yang akan mendapatkan bantuan Ayam dari Dana Aspirasi Dewan.
Kegiatan Bimtek dibuka oleh PLT Kadis Pertanian dan Peternakan (Stefanus Nahak Klau S.Pi) dalam pembukaan PLT kadistan sangat beterima kasih kepada BPTP NTT karena sudah mendahului memberikan materi tentang Budidaya Ayam KUB karena sebelum kelompok tani ini mendapatkan bantuan ayam KUB sudah didahului dengan Bimtek. Selanjutnya juga PLT Kadis juga berpesan kepada semua peserta untuk benar-benar mengikuti bimtek ini dan saat mendapatkan bantuan ayam KUB lewat dana Aspirasi Anggota Dewan kelompok sudah siap dan ayam yang diberikan dapat berkembang di kabupaten Malaka. Beliau juga bersyukur program ini bisa mengatasi stunting dan diharapkan PPL mendampingi dan mendukung sehingga kegiatan ini berlanjut. Hadir pula kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Malaka (Arnoldus Bria Taek ,S.ST).
Materi Teknik Budidaya Ayam KUB disampaikan oleh Ir. Medo Kote, M.Si dan Halena L.Doga, SST. Medo dan Helena memaparkan bahwa dalam usaha peternakan unggas, pakan merupakan komponen biaya terbesar ( 60 – 70 %), sehingga menentukan apakah dalam melakukan usaha pemeliharaan ayam KUB tersebut bisa untung atau malah merugi. Dalam Bimtek diberikan materi secara garis besar bahan-bahan pakan local yang ada di malaka. Bahan pakan local yang ada dimalaka dan selalu berlimpah pada musim panen adalah Jagung, Dedak padi, Keong emas dan daun kelor yang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai pakan ternak.
Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelaksanaan bimtek ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta bimtek.Ini disebabkan karena materi Budidaya ayam KUBadalah hal baru yang peserta dapatkan. Diharapkan bimtek Budidaya Ayam KUB ini dapat memperbaiki teknis budidaya melalui penerapan inovasi-inovasi teknologi yang baik sehingga petani tidak terpuruk menghadapi situasi ekonomi saat ini, tetapi tetap bersemangat dalam usaha pertaniannya yang dapat berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga.
Acara Penutupan oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan malaka ( Daniel Frans Fahik, SPT) yang didampingi oleh kepala bidang perkebunan (Hetlindes Seran,S.Pt), Daniel Fahik memberikan semangat kepada peserta dimana setelah mendapatkan ayam nanti sudah lebih dulu mengetahui cara budidaya ayam KUB secara baik. Dan Janganlah ayam yang diberikan sebagai bantuan kepada peserta dihabiskan dan tidak berlanjut. Tetapi ayam yang dibagikan terus berkembang dan berkembang di Kabupaten Malaka. Dan apresiasi kepada BPTP NTT yang telah memberikan materi Bimtek Ayam KUB ini merupakan wujud perhatian BPTP NTT kepada petani di Malaka. ( Medo Kote,Halena Doga,)