JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

UPBS - BPTP NTT Capai Target PNBP

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Unit Pelayanan Benih Sumber (UPBS) merupakan salah satu asset yang potensial dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT. Peran utama UPBS adalah memproduksi benih varietas-varietas unggul yang bertujuan untuk mendukung diseminasi agar petani dapat memperoleh benih berkualitas prima, visualisasi hasil penelitian dalam bentuk visitor plot, show window, serta serta sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Undang-Undang Nomor 9 tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak selanjutnya disingkat PNBP adalah pungutan yang dibayar oleh orang pribadi atau badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan atau pemanfaatan sumber daya dan hak yang diperoleh negara, berdasarkan peraturan perundang-undangan, yang menjadi penerimaan Pemerintah Pusat di luar penerimaan perpajakan dan hibah dan dikelola dalam mekanisme anggaran pendapatan dan belanja negara.

Target penyetoran PNBP dari kegiatan UPBS tahun 2019 sebesar Rp 247 juta, dan sampai Desember penyetoran telah mencapai Rp 252,19 juta atau 102,1 %. "Semua yang terlibat dalam pengelolaan UPBS baik peneliti, litkayasa, teknisi dan administrasi harus bahu membahu memproduksi benih, menjual, dan melakukan pencatatan dan penyetoran sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai target penyetoran PNBP yang sudah ditetapkan" kata Kepala BPTP NTT, Dr. Procula R. Matitaputty.

Lebih lanjut dikatakan, suatu keberhasilan pencapaian bahkan melampaui target penyetoran merupakan suatu ukuran kinerja tim UPBS. Semakin besar penyetoran akan membantu pada pos penerimaan negara dan akan kembali bermanfaat bagi masyarakat luas. Untuk itu atas keberhasilan pencapaian ini saya sampaikan proficiat dan terimakasih kepada tim UPBS, dan dengan harapan tahun ini harus lebih tinggi lagi. Sehingga semakin hari tingkat pencapaian semakin besar dan sampai pada titik kemandirian.

Mengingat fungsi UPBS yang potensial sebagai sumber PNBP, harapannya ke depan UPBS mengoptimalkan fungsinya dengan menaikkan target PNBP, dapat mandiri serta dapat membiayai kegiatannya sendiri, sehingga mengurangi ketergantungan dana yang bersumber dari APBN. (NK/AS/YA)