JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

BPTP NTT Telah Mengoleksi 783 Materi Genetik Tanaman Lokal NTT

Sumber Daya Genetik (SDG) tanaman dan ternak lokal adalah salah satu kekayaan plasma nuftah yang perlu dilestarikan. SDG lokal mempunyai peranan penting dalam swasembada pangan berkelanjutan, diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, dan peningkatan kesejaterahan petani. Kegiatan pengelolaan SDG tanaman spesifik lokasi yang dilaksanakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT di bawah Koordinator SDG Ir. Evert Y Hosang, M.Si, Ph.D, kegiatan yang dilakukan meliputi: koleksi, konservasi, karakterisasi, dan dokumentasi.

Hasil yang diperoleh diantaranya bahan tanaman/benih yang sudah dikoleksi, data karakterisasi tanaman yang dikoleksi, dan sertifikat pendaftaran varietas-varietas lokal yang telah didaftarkan ke kantor Pendaftaran Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP). Selain itu, BPTP NTT juga memiliki Kebun Koleksi SDG Lokal di  Desa Naibonat dengan fasilitas pagar, pengairan, rumah petugas kebun, dan saluran drainase. Kebun ini telah  dimanfaatkan selama enam tahun, dimulai sejak tahun 2013.

Sampai saat ini ada 21 komoditas yang sudah dikoleksi, yaitu benih varietas tanaman jagung, padi gogo, padi sawah, sorgum, jewawut, jali-jali, kacang nasi, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, ubi kayu, ubi manusia, padi ladang SBD, lakoat, ganyong, jeruk keprok Soe, buah mundu, buah gayam, alpukat, dan buah sawo kuning. Perawatan kebun SDG lokal BPTP NTT masih berjalan hingga sekarang dengan total koleksi sebanyak 783 materi genetik tanaman lokal dan yang telah dikarakterisasi sebanyak 243 tanaman. Tanaman yang telah dikarakterisasi dan didaftarkan ke PVTPP pada tahun 2019 adalah 10 tanaman, yaitu:  jagung ungu, jagung bunga, jagung pulut, keladi/talas, marungga hijau, marungga merah, jamblang, terong balanda, klitoria ternatea dan lamtoro taramba. Hingga saat ini sebanyak 33 varietas tanaman telah didaftarkan ke PVTPP.

Karakterisasi marungga merah, Provinsi NTTKegiatan pengelolaan SDG Lokal NTT ini diharapkan dapat menghasilkan beberapa luaran kegiatan yakni: benih yang dikoleksi pada tempat penyimpanan dan tanaman pada kebun koleksi terawat dengan baik, materi genetik yang sudah didaftarkan dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh petani, dan semakin banyak pihak, baik di dalam maupun di luar Provinsi NTT yang berperan dalam mengelola SDG lokal NTT secara berkelanjutan untuk kepentingan pengembangan pertanian ke depan. (NK/AS/YA)

 

Karakterisasi marungga merah, Provinsi NTT