JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Delegasi Kementan Timor Leste Kunjungi Kawitan Padi BPTP NTT

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP) Nusa Tenggara Timur secara khusus menerima tamu istimewa dari RDTL.

Kehadiran tamu negara sahabat RDTL itu merupakan Delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) Timor Leste, Distrik Oekusi sebanyak dua belas orang.

Selama dua hari tanggal 9-10 September di BPTP Nusa Tenggara Timur untuk melihat Lokasi Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) padi yang diinisiasi oleh BPTP NTT di Poktan Rindu Sejahtera di desa Noelbaki, Kabupaten Kupang.

Dari Rilis Berita BPTP NTT yang diterima, Kamis (12/9/2019) menyebutkan, kunjungan ini, salah satu tujuannya adalah melakukan studi banding mengenai eksistensi operasional pelaksanaan tupoksi sebagai lembaga penelitian.

Salah satu objek kunjungannya ke Lokasi Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) padi yang diinisiasi oleh BPTP NTT di Poktan Rindu Sejahtera di desa Noelbaki, Kabupaten Kupang.

Kepala BPTP NTT, Dr. Syamsuddin kepada Delegasi Timor Leste menjelaskan bahwa, saat ini BPTP NTT sedang menginisiasi Kawitan di dua tempat di Poktan Rindu Sejahtera di desa Noelbaki, Kabupaten Kupang.

Selain itu , termasuk juga di desa Oeteta di Kabupaten Kupang. Rencananya dalam waktu dekat juga akan dilakukan di Kabupaten Malaka, tepatnya di wilayah sentra Produksi Bawang Merah.

Dijelaskan Syamsuddin, salah satu komponen dari Kawitan adalah dibangunnya Saung Pertemuan di lokasi pertanian. Dimana Saung ini berfungsi sebagai tempat pertemuan anggota poktan berkaitan dengan rencana dan pelaksanaan usahatani termasuk dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis oleh penyuluh atau peneliti mengenai inovasi pertanian.

Kawitan juga merupakan sarana dalam memperpendek jalur adopsi inovasi dan teknologi dari sumber teknologi kepada mereka.

Saat delegasi Kementerian Pertanian Timor Leste berkunjung ke Kawitan Padi di Noelbaki, telah terjadi diskusi dan saling tukar menukar pengalaman dengan Pengurus Poktan Rindu Sejahtera yang diketuai oleh Matheos Oematan.

Menurut Joni de Santos selaku Ketua Rombongan, kehadiran mereka sangat terkesan mengenai pengelolaan Poktan di tempat ini.

“Di tempat kami belum ada kelompok tani seperti di Rindu Sejahtera ini,” katanya.

Kesan delegasi Timor Leste khusus mengenai ketaatan dan kepatuhan anggota mengenai peraturan yang mereka buat, termasuk diantaranya adalah, sistem prngaturan air irigasi dan waktu tanam yang telah ditentukan bersama.(https://nusaflobamora.com/2019/09/12/delegasi-kementan-timor-leste-kunjungi-kawitan-padi-bptp-ntt/)